Mahasiswa Fapet UGM Peroleh Dana Pinjaman Prawiramas dari BNI

YOGYAKARTA – Fakultas Peternakan (Fapet) UGM menjalin kerja sama dengan Bank BNI dalam kegiatan kewirausahaan. Adapun kegiatan tersebut berjudul Program Akademik Wirausaha Mahasiswa atau disingkat Prawiramas.

“Kami bersyukur akhirnya gagasan ini terwujud. Semoga kegiatan ini menjadi tonggak sejarah baru kerja sama antara lembaga keuangan, dalam hal ini BNI, dengan perguruan tinggi, khususnya Fapet UGM, untuk memberikan kesempatan belajar berwirausaha kepada mahasiswa,” kata Dekan Fapet UGM Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAN. Eng., di sela acara penyerahan dana tersebut.

Agus meneruskan, program tersebut tidak hanya sebagai wahana pembelajaran kewirausahaan bagi mahasiswa. Tetapi sebagai salah satu bentuk respons Fapet UGM terhadap program Kemendikbud, yaitu Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

Agus juga mengingatkan pada mahasiswa penerima dana Prawiramas bertanggung jawab, karena dana yang diberikan bersifat pinjaman. Mahasiswa diharapkan bertanggung jawab dengan merencanakan dan mempraktikkan usaha, mengatur cashflow, mengatur prioritas pembelanjaan, mengatur busines plan, serta lainnya. Melalui kegiatan tersebut, para mahasiswa diberi kesempatan mempraktikkan spirit yang disebut Sapta Pesona Diri, yaitu jujur, disiplin, bertanggung jawab, semangat, berpikir kritis, sopan santun, dan berkarya nyata.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih, semoga menjadi langkah awal ibarat bola salju yang bergulir memotivasi dan membangkitkan gairah mahasiswa, bahwa belajar tidak hanya teoretis tetapi juga praktis,” ujar Ali Agus.

Kegiatan tersebut tidak hanya berkonsep program bisnis mahasiswa, tetapi juga termasuk kegiatan akademik. Karena kegiatan ini memiliki dosen pembimbing dan dapat diklaimkan sebagai mata kuliah dengan maksimal 6 SKS (syarat ketentuan akademik berlaku). Target Prawiramas adalah 50 mahasiswa pada setiap periode dengan maksimal dana Rp 30 juta per mahasiswa, sehingga total dana sekitar Rp1,5 Milliar dalam setiap periodenya.

Pada seleksi gelombang pertama untuk periode pertama tersebut, dana Prawiramas diserahkan kepada 13 mahasiswa Fapet UGM, pada Kamis (14/1/2021) secara daring. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Dekan Fapet UGM dan Pemimpin Kantor Wilayah Yogyakarta PT BNI (Persero) Tbk. Kegiatan serupa juga akan berlanjut dan akan dibuka gelombang kedua untuk periode pertama sampai dua pekan mendatang. Sementara ini, program hanya untuk mahasiswa Fakultas Peternakan UGM).

Pemimpin Kantor Wilayah Yogyakarta PT BNI (Persero) Tbk., Moh. Hisyam, mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan menjadi virus positif bagi mahasiswa. Harapannya, bisa memacu mereka berperan aktif menciptakan lapangan pekerjaan/usaha mandiri yang tidak tergantung pada pemerintah atau institusi lain. Ia berharap kegiatan ini menjadi langkah awal menelurkan wiraswasta baru yang andal dan dapat berperan aktif membangun negeri.

“Terima kasih kepada Fapet UGM yang telah bekerja sama menciptakan proyek ini. Semoga diikuti oleh fakultas lain di UGM sehingga kita memiliki talent lebih banyak di bidang wirausaha,” kata Hisyam.

Sedangkan Sekretaris Bidang Pembelajaran dan Kerja Sama Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM, dr. Yanri Wijayanti Subronto, Ph.D., Sp.PD-KPTI, FINASIM menyebut mahasiswa yang memperoleh dana dalam program ini akan menjadi pelopor dan setting point untuk mahasiswa lain, baik seangkatan maupun lainnya. Yanri melihat program tersebut sebagai sesuatu yang baru bagi dosen pembimbing. Namun, ia melihat ada kelebihan dari program tersebut, yaitu dosen juga bisa belajar dari mahasiswa, sehingga kerja sama seperti ini sebagai sesuatu yang bagus.

“Program ini membuat mahasiswa patut berbangga karena sudah menjalani kegiatan wirausaha ketika masih menjadi mahasiswa, bukan ketika lulus. Ini akan menjadi lompatan sejarah dalam dunia pendidikan,” katanya.(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published.