Nasabah Unitlink Jangan Berpikir Untung Saja, Pahami Juga Risiko

JAKARTA – Asuransi jiwa yang sekaligus menawarkan manfaat investasi alias unit link menarik perhatian konsumen. Namun, jangan asal melihat menariknya saja, tetapi memandang sebelah mata akan risikonya. Calon pembeli wajib paham manfaat dan risiko yang bakal dihadapi.

Seperti kita ketahui, produk asuransi dengan manfaat proteksi dan investasi kena dampak akibat pasar investasi yang turun di masa pandemi sehingga imbal hasil yang di miliki nasabah pun ikut terjun bebas.

Pengamat Asuransi Dedi Kristianto mengatakan, ada beberapa hal yang memang perlu dilakukan pelaku usaha asuransi agar memberikan kenyamanan investasi bagi para nasabahnya. Pertama, memberikan informasi dan update secara berkelanjutan pada para nasabah tentang kondisi investasi di masa pandemi ini. Juga hal-hal yang akan dan telah dilakukan, baik dalam internal perusahaan maupun kebijakan pemerintah untuk bisa menjaga investasi yang ada.

Selanjutnya, kedua menekankan pada nasabah bahwa produk investasi unit link tidak hanya berisi investasi, tetapi juga proteksi jiwa dan kesehatan.

“Pandemi yang terjadi saat ini, dalam pandangan saya, juga memberi peluang besar pada industri asuransi karena kondisi tersebut meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan diri dan mereka menyadari bahwa biaya kesehatan itu besar. Semua itu menjadi masalah jika harus ditanggung sendiri. Karenanya, asuransi adalah jawabannya. Pertanyaannya sekarang, bagaimana industri asuransi menjawab dan mempersiapkan diri peluang besar ini,” jelas Dedi.(***)

2 thoughts on “Nasabah Unitlink Jangan Berpikir Untung Saja, Pahami Juga Risiko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *