Dukung Candi Borobudur, Kabupaten Magelang Tambah Anjungan Cerdas

MAGELANG – Fasilitas pendukung bagi wisatawan yang akan berwisata ke Candi Borobudur terus ditingkatkan. Kali ini, Pemerintah Kabupaten Magelang akan mendapat bantuan berupa Anjungan Ceras.

Rencananya, lokasi Anjungan Cerdas tersebut akan ditempat di sekitar Palbapang, Kecamatan Mungkid. Kebetulan, di lokasi tersebut, akan dijadikan jalan keluar tol Semarang-Jogja yang melewati sebagian wilayah Kabupaten Magelang.

“Yang saya ketahui, Anjungan Cerdas tersebut akan menjadi pusat perdagangan dan simpul transportasi, barangkali akan dilengkapi informasi juga,” kata Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan, Prasarana, Permukiman Wilayah Satu BBPW Jateng pada Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR, Dwiatma Singgih Raharja Sabaris, Jumat (26/02/2021).

Menurut Dwiatma, saat ini, Anjungan Cerfas tersebut dalam penyusunan desain bangunan tersebut.

“Masih dalam proses penyusunan desain di pusat, Direktorat PKP, Ditjen Cipta Karya,” papar Dwiatma.

Ditambahkan oleh Dwiatma, rencananya lokasi Anjungan Cerdas tersebut berada di sekitar Gerbang Singa Palbapang Mungkid. Namun, untuk posisi tepat, pihaknya masih belum bisa memastikannya.

“Rencana tidak jauh dari Gerbang Singa Palbapang, namun juga masih belum fix, apakah persis di perempatan, atau agak geser, karena masih dalam proses desain,” paparnya.

Sebelum keberadaan Anjungan Cerdas, Kabupaten Magelang telah dibangunkan empat gerbang wisata. Ke-empat gerbang tersebut dibangun dalam program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur. Adapun ke-empat gerbang tersebut adalah Gerbang Singa di Palbapang Mungkid, Gerbang Gajah di Kembanglimus Borobudur, Gerbang Kalpataru di Blondo Mungkid. dan Gerbang Samudera Raksa (Kapal Pinisi) di Klangon perbatasan Kulonprogo dan Kecamatan Ngluwar. (****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.