Sandiaga Uno Ingin 244 Desa Wisata Jadi Unicorn

JAKARTA – Desa wisata di Indonesia bisa dikembangkan lebih besar lagi. Ibaratnya, sebuah startup yang bisa berkembang menjadi unicorn. Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno Menparekraf Sandiaga Uno dalam webinar “The 6st Strategic Discussion “Redefining Sustainable Tourism Roadmap,” Selasa (9/3).

Menurut Sandiaga, kementerian yang dipimpinnya mendorong agar 244 desa wisata di Indonesia bisa berkembang menjadi unicorn. Saat ini, sudah ada 54 desa wisata dalam tahap rintisan dan 144 desa wisata dalam tahap berkembang

“Di Bangli, Bali, ada Desa Penglipuran. Ada Desa Jatiluwih di Tabanan, Bali. Semua itu  adalah desa-desa yang sudah jadi unicorn. Nah, bagaimana kita dorong agar 244 desa wisata di seluruh Indonesia ini kita jadikan unicorn,” tegas Sandiaga Uno dalam webinar “The 6st Strategic Discussion “Redefining Sustainable Tourism Roadmap”, Selasa (9/3).

Menparekraf mengungkapkan, Indonesia memiliki lebih dari 75 ribu desa. Dari puluhan ribu desa tersebut, sebanyak 244 desa wisata tengah dikembangkan agar bisa menjadi desa wisata yang mandiri.

“Sekarang sebanyak 54 desa wisata dalam tahap rintisan, 144 desa wisata dalam tahap berkembang. 48 desa wisata sudah maju. Ini ibaratnya (tingkatan) dari startup sampai unicorn,” tegas Sandiaga Uno.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.