Lebih Produktif, Nelayan Bisa Manfaatkan Aplikasi Laut Nusantara

BELITUNG – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali memperluas pengenalan aplikasi Laut Nusantara pada masyarakat nelayan di berbagai pelosok perairan Indonesia. XL Axiata ikut mengenalkan aplikasi digital Laut Nusantara versi terbaru yang bisa menunjukkan titik letak keberadaan ikan di laut tersebut.

Selain itu, juga dikenalkan pemanfaatan saranan pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan produk olahan hasil laut yang dihasilkan komunitas nelayan.

Aplikasi Laut Nusantara tersebut dikenalkan sejak 2018 dan  sampai saat ini telah aktif dimanfaatkan oleh tidak kurang dari 52.000 nelayan tradisional dan kecil di berbagai daerah. Aplikasi tersebut juga sudah disosialisasikan di 28 wilayah di Indonesia.

Melalui data informasi akurat dan real time yang bersumber dari Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) Kementerian KKP, aplikasi terbukti mampu meningkatkan produktivitas para nelayan penggunanya.

“Aplikasi Laut Nusantara adalah hasil dari kerja sama yang padu antara XL Axiata dengan BROL, di mana kedua pihak sama-sama memiliki motivasi yang besar untuk ikut mencari solusi agar kualitas hidup masyarakat nelayan Indonesia bisa meningkat,” kata Chief Corporate Affairs Officer XL Axiata, Marwan O Baasir, Senin (29/03/2021).

Sementara itu, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono yang hadir dalam acara di Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung tersebut mengatakan,teknologi digital menawarkan kesempatan untuk menemukan solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat, termasuk para nelayan.

“Sangat ironis jika melihat kehidupan masyarakat nelayan rata-rata masih belum sejahtera padahal kekayaan laut kita berlimpah,” ungkap Sakti Wahyu Trenggono.

Tentu banyak faktor yang memengaruhi kehidupan ekonomi nelayan. Sakti Wahyu Trenggono mengapresiasi inovasi dari BROL bersama mitranya yang ikut memberikan solusi yang bisa membuat nelayan meningkatkan kesejahteraannya melalui aplikasi Laut Nusantara.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.