Korban Gempa di Malang Peroleh Bantuan Bank Mandiri

MALANG – Bank Mandiri menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana gempa Bumi di Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Penyaluran bantuan  baik melalui yayasan Mandiri Amal Insani (MAI), maupun secara langsung pada Pemda Jawa Timur.

“Ini baru tahap awal. Ke depan, kami tengah menyiapkan bantuan tahap berikutnya yang akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat, khususnya yang berada posko pengungsian,” ungkap Regional CEO Bank Mandiri wilayah Jawa Timur I Gede Raka Arimbhawa saat penyerahan bantuan yang dilakukan Pimpinan Cabang Bank Mandiri Lumajang dan Ketua Satgas BUMN Jawa Timur kepada Pemda Jawa Timur yang diterima langsung Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq disaksikan Gubernur Jawa Timur Khofifaf Indar Parawansa di Lumajang, Senin (12/4).

Bantuan yang disalurkan berupa santunan untuk perbaikan rumah dalam masa tanggap darurat. Juga ada sembako, pakaian untuk wanita dan pria dewasa, baju hangat, pakaian anak, pakaian balita dan bayi, perlengkapan bayi di antaranya pampers, minyak angin, bedak dan lainnya. Lalu, ada juga obat-obatan dan tenaga kesehatan.  Total nilai bantuan kemanusiaan yang disalurkan di Malang dan Lumajang mencapai Rp115 juta.

Menurut I Gede Raka, aksi kemanusiaan tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian sosial perusahaan menyusul terjadinya bencana gempa bumi 6,1 SR pada 10 April 2021 yang merusakkan ratusan bangunan, termasuk rumah penduduk dan fasilitas umum, yang diikuti penetapan status tanggap darurat bencana oleh pemda setempat.

“Mengingat kondisi yang terjadi saat ini, maka bantuan yang kami salurkan ini lebih difokuskan pada kebutuhan pokok dulu, sehingga bisa langsung digunakan,” ungkap I Gede Raka.

Selain di Malang, Bank Mandiri juga menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana banjir bandang dan badai Siklon Tropis Seroja di Nusa Tenggara Timur, yang terjadi pada 5 April 2021 lalu. Bencana tersebut menyebabkan korban jiwa dan kerugian material.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, Bank Mandiri menyewa satu unit helikopter untuk membantu pengiriman bantuan ke daerah terdampak di kepulauan yang sulit dijangkau dengan transportasi darat maupun laut.

“Kami juga bekerja sama dengan Kementerian BUMN melalui satgas BUMN Provinsi dalam penyaluran bantuan di lokasi bencana. Sinergi ini diharapkan bisa mengoptimalkan kegiatan penyerahan bantuan agar tersebar merata ke seluruh wilayah terdampak,” kata Rudi.

Hingga akhir pekan lalu, Bank Mandiri menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa sembako, tenda, selimut, tikar dan bantuan lainnya senilai hampir Rp1 miliar ke pos-pos pengungsian di Kupang, Kefamenamu, Malaka, Waingapu, Bima, Sobe Pulau Alor, Pulau Sabu dan Pulau Rote.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.