Wijnaldum Ramaikan Persaingan Top Skor Sementara Euro 2020

JAKARTA – Nama George Wijnaldum, gelandang tengah asal Belanda, melesak naik mendampingi tiga nama lain. Yaitu, Christiano Ronaldo, Romelu Lukaku, dan Patrik Schick. Ke empat pemain bola ini telah mencatatkan namanya pada papan top skor sementara Euro 2020.

Sejauh ini, Wijnaldum mengoleksi tiga gol dari tiga pertandingannya bersama Belanda dalam babak penyisihan grup C Euro 2020. Artinya, ia bersama striker Portugal Christiano Ronaldo, striker asal Belgia, Romelu Lukaku, dan striker Republik Ceko, Patrik Schick.

Nama Wijnaldum naik ke puncak daftar top skor, usai tampil gemilang saat membawa Timnas Belanda menang telak atas Makedonia Utara di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Senin Malam (21/06/ 2021).

Dalam pertandingan tersebut, sang kapten bermain penuh. Memang, pertandingan sejak awal sudah sangat ketat. Oranje -julukan Timnas Belanda- menunggu 24 menit untuk unggul 1-0. Gol keunggulan Oranje ini dicetak Memphis Depay. Pemain baru Barcelona ini melesakkan sepakan terarah ke kanan gawang Makedonia Utara hasil umpan manis dari Wallen.

Tak puas dengan satu gol, Pasukan Frank de Boer menancapkan gasnya di babak kedua. Tak tanggung-tanggung, dua gol berhasil diciptakan Oranje di menit ke-51 dan 58. Dua gol ini diborong oleh kapten Wijnaldum.

Hasil kemenangan 3-0 atas Makedonia Utara tersebut, membuat Timnas Belanda menjadi juara grup C dengan poin sempurna, yaitu sembilan. Bukan hanya cetak dua gol, Wijnaldum pun terpilih sebagai man of the match dalam pertandingan tersebut.

“Selalu terasa menyenangkan menjadi man of the match, tetapi jika saya jujur, Frenkie (De Jong) dan Memphis (Depay) lebih pantas mendapatkannya daripada saya. Mereka luar biasa hari ini,” kata Wijnaldum, dikutip dari laman resmi UEFA, Selasa, 22 Juni 2021

Ia juga tak segan membocorkan rahasianya bisa tampil tajam bersama Timnas Belanda di fase grup C Piala Eropa 2020. Yang paling penting, ungkap Wijnaldum, adalah menempatkan diri di tempat yang tepat.

“Rahasia (mencetak gol) adalah berada di tempat yang tepat. Seperti yang Anda lihat hari ini, itu adalah dua gol yang mudah, tetapi Anda harus berdiri di tempat di mana bola akan datang,” tuturnya.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.