UNS Tambah Lima Guru Besar Baru, Total Jadi 240 Profesor

SURAKARTA – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menambah lima guru besar lagi. Rencananya, kado pada peringatan HUT ke -76 Kemerdekaan RI ini akan dikukuhkan pada Senin pekan depan (16/08/2021).

Kelima guru besar tersebut adalah Prof Dr Triyanto SH MHum dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Prof Dr Budi Kristiawan ST MT dari Fakultas Teknik, Prof Dr Fitria Rahmawati SSi MSi dari FMIPA, serta dua dari Fakultas Pertanian, yakni Prof Dr Ir Mohamad Harisudin, MSi dan Prof Sutrisno Hadi Purnomo SPt MSi PhD.

Kelima guru besar tersebut bakal dikukuhkan dalam sidang senat terbuka yang digelar secara daring dan luring di Auditorium UNS. Bertambahnya lima guru besar tersebut menjadikan kampus yang ada di Kentingan ini memiliki 240 Profesor dari berbagai disiplin ilmu.

Prof Triyanto merupakan guru besar Bidang Ilmu Pendidikan Kewarganegaraan pada Program Studi (Prodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) FKIP UNS. Ia merupakan guru besar ke-236 UNS dan ke-65 FKIP.

Dalam Sidang Senat Akademik Terbuka nanti, Prof Triyanto akan membacakan pidato pengukuhan dengan judul “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Kesadaran Hukum Bagi Warga Negara.”

Prof Budi menjadi guru besar dalam bidang Ilmu Teknik Mesin pada Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) UNS. Ia merupakan guru besar ke-239 UNS dan ke-18 Fakultas Teknik. Dosen Teknik Mesin UNS itu akan membacakan pidato pengukuhan dengan judul “Pengembangan dan Wawasan Masa Depan (Future Insights) Fluida Nano untuk Peningkatan Transfer Kalor dalam Sistem Thermal.”

Profesor berikutnya yang dikukuhkan adalah Prof Dr Fitria yang merupakan guru besar dalam bidang Ilmu Kimia pada Prodi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS. Ia menjadi guru besar ke-240 UNS dan ke-18 FMIPA.

Dua professor dari Fakultas Pertanian adalah Prof Muhammad Harisudin, guru besar bidang Ilmu Manajemen Strategi Agribisnis pada Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian (FP) UNS. Ia guru besar ke-237 UNS dan ke-35 FP dan dalam Sidang Senat Akademik Terbuka, Prof. Mohamad akan membacakan pidato pengukuhan dengan judul “Manajemen Ketahanan Pangan Nabi Yusuf AS; Perspektif Manajemen Strategi dan Alternatif Solusi Bagi Indonesia.”

Terakhir, Prof Sutrisno merupakan guru besar Bidang Ilmu Sosial Ekonomi Peternakan pada Prodi Peternakan Fakultas Pertanian (FP) UNS. Ia menjadi guru besar ke-238 UNS dan ke -36 FP.Dalam Sidang Senat Akademik Terbuka yang digelar pada Senin, Prof. Sutrisno membacakan pidato pengukuhan dengan judul “Kajian Integrasi Tanaman dengan Ternak Untuk Ketahanan Pangan di Indonesia.”(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.