Animasi Indonesia Siap-Siap Bersaing di Pasar Global

YOGYAKARTA – Animasi Indonesia mampu bersaing di pasar global. Terutama yang berkaitan dengan industri film, serta animation factory and digital technology.

Semangat untuk bersaing tersebut diwujudkan PT Digi Bintang Sinergi (VIA) dan PT Lokanima Kreatif Nusantara (Lokanima) yang berkolaborasi mengembangkan industri konten kreatif. Kerja sama tersebut ditandai dengan Kick Off Nasional Pride Campaign ‘Semarak Animasi Nasional’.

CEO PT Digi Bintang Sinergi (VIA) Ahmad Zulfikar Said mengatakan, kolaborasi dimaksudkan untuk merangkul dan mendukung karya anak bangsa. Kolaborasi tersebut ditujukan terutama dalam pengembangan industri fllm, animation factory, dan digital technology.

Selain itu, juga membangun wadah bagi para insan kreatif Indonesia untuk tumbuh bersama dalam ekosistem bisnis yang mendukung proses pengembangan industri animasi dan film karya anak negeri.

“Akan menjadikan VIA-Lokanima sebagai rumah bagi para hyperlocal content creators serta mendukung penuh kemajuan industri konten lokal,” tegas Ahmad Zulfikar dalam virtual meeting, Jumat (13/08/2021).

Ia melanjutkan, nantinya kerja sama tersebut akan mendorong kolaborasi pengembangan bisnis yang lebih besar antara Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari di Malang dan VIVA Group.

Sementara itu, Direktur Utama PT Lokanima Kreatif Nusantara (Lokanima) David Santoso mengatakan,  sebagai salah satu wujud nyata dari cita-cita tersebut, mereka menggaungkan National Pride Campaign. Yakni, suatu gerakan kebanggaan nasional yang dinamai Semarak Animasi Lokal.

“Kampanye ini wujud keprihatinan VIA-Lokanima terhadap perkembangan industri kreatif di Indonesia, terutama di bidang animasi,” ungkapnya.

Berbarengan dengan itu, ada tiga konsep animasi karya seniman daerah yang segera ditayangkan. Yaitu, Kuku Rock You, Roh Garuda GO, dan Blab-Blib-Blub-Bleb-Blob.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.