Dukung Perkuliahan, Univeristas PGRI Yogyakarta Resmikan Empat Laboratorium

YOGYAKARTA – Sebuah perguruan tinggi (PT) harus berjuang untuk meningkatkan diri. Hal sama dilakukan Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), yang melengkapi sarana-prasana agar menjadi perguruan tinggi unggul bertaraf internasional. Salah satunya dengan melengkapi dengan berbagai laboratoritum lengkap.

“Kali ini ada empat laboratorium yang diresmikan. Kami membangun empat laboratorium dan menghabiskan dana senilai Rp 2,4 miliar,” ungkap Rektor UPY Dr Ir Paiman MP, usai meresmikan empat laboratorium di kampus Unit 2 UPY, Sonosewu, Bantul, Senin (30/08/2021).

Saat peresmian, hadir pula Ketua Pengurus Yayasan Pembina UPY Armansyah Prasakti SH SPn MH dan kontraktor Ir Sugiyono MT yang menyerahkan kunci pihak Yayasan UPY diwakili John Sabari MSi dan diteruskan ke Rektor UPY.

Paiman mengungkapkan, ke empat laboratorium tersebut adalah Laboratorium Informatika dan Teknik Industri (Fakultas Sains Teknologi), Laboratorium Pertanian berupa Green House dan Vertikultur (Fakultas Pertanian), Laboratorium Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif (PVTO) (Fakultas Keguruan dan dan Ilmu Pendidikan).

Nantinya, empat laboratorium tersebut untuk mendukung praktik prodi di lingkungan UPY. Dengan begitu, lulusan UPY tidak hanya mahir teori, namun juga menguasai praktik di lapangan.

Ditegaskan Paiman, saat ini UPY tidak hanya fokus pada Prodi Pendidikan saja. “Ada kesan UPY hanya mengelola Prodi Pendidikan. UPY membuka non-pendidikan, terutama prodi yang prospektif seperti Prodi Bisnis Digital,” tegasnya.

Saat ini, prodi-prodi di UPY sangat diminati masyarakat. Bahkan, ada yang naik 25 persen pada TA. 2020/2021. Hingga Senin (30/08/ 2021), calon mahasiswa baru yang melakukan pendaftaran ulang sebanyak 1.024 orang. Targetnya, sampai pendaftaran berakhir mencapai 1.500 mahasiswa baru.

Ketua Pengurus Yayasan Pembina UPY Armansyah Prasakti SH SPn MH menegaskan, Yayasan UPY mendukung pembangunan laborarotium untuk melengkapi sarana-prasana pendidikan, agar kampus UPY representatif. Bahkan, Armansyah mengungkapkan rencana Yayasan pada tahun-tahun mendatang.

“Yayasan akan terus melengkapi sarana-prasana sesuai kebutuhan prodi dan fakultas sesuai tuntutan zamannya,” janjinya.(****)

2 thoughts on “Dukung Perkuliahan, Univeristas PGRI Yogyakarta Resmikan Empat Laboratorium

  1. Kıtalar Bal Gibi Damlıyor; İspatı Anadolu’da
    İTÜ’lü Bilim İnsanlarına göre Kıtalar Bal Gibi Damlıyor; İspatı Anadolu’da
    Bilim insanları, kıtaların yapısı ve Anadolu Platosunun gelişimi konusunda önemli bir araştırma ortaya koydu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.