SMK WIRATAMA 45.2 Wonosobo Pratik Table Manner di Dieng Kledung Pass Hotel

WONOSOBO – Upaya peningkatan mutu dan pengembangan potensi peserta didik di bidang perhotelan terus dilakukan semua sekolah. Tidak terkecuali SMK WIRATAMA 45.2 Wonosobo. Sekolah ini menjalin kerja sama dengan Dieng Kledung Pass Hotel & Restaurant Wonosobo sejak 2016. Bentuknya, yaitu memberikan program keahlian Akomodasi Perhotelan pada para siswanya.

“Sebagai wujud apresiasi siswa-siswi SMK Wiratama 45.2 dalam mengimplementasikan ilmu-ilmu yang diperoleh baik di sekolah maupun ilmu yang diperoleh saat praktik langsung di Dieng Kledung Pass Hotel dan Restaurant Wonosobo adalah Program Table Manner,” ungkap Eunike Martanti, Owner Rep Hotel Dieng Kledung Pass Wonosobo, Kamis (14/10/2021).

Nike-sapaan akrab Eunike Martanti melanjutkan, para siswa SMK dari kelas 11 dibimbing langsung staff hotel. Mereka dikenalkan lingkungan hotel menyeluruh, termasuk fasilitas hotel dan standard operational procedure (SOP) di hotel. Mulai dari bagian front office (kantor depan), hingga diberi kesempatan melakukan demo making bed atau merapikan tempat tidur sesuai standar yang ada.

“Juga ada program Table Manner dan seluruh peserta mendapat pelatihan tentang cara makan yang benar dan baik. Terutama saat jamuan resmi atau Internasional,’’ imbuh Nike Martanti yang langsung memimpin pelatihan.

Di samping itu, para siswa mendapat materi pembelajaran mulai persiapan, penataan tata ruang, persiapan kelengkapan sampai penyajian menu lengkap dengan tata letak /susunan peralatan makan, tata cara makan yang benar, dan posisi duduk yang benar. “Termasuk etika dan sopan santun saat berada di meja makan juga diajarkan di sini,” katanya.

Bagi Dieng Dieng Kledung Pass Hotel, kegiatan tersebut selain sebagai media kerja sama juga merupakan bentuk sumbangsih perusahaan untuk ikut memajukan pembangunan dunia pendidikan khususnya di bidang perhotelan. harapannya, agar nantinya tercipta SDM yang handal di bidangnya.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.