Bareng Tujuh Universitas Lain, UNY Raih Kategori Perak SNI Award 2021

YOGYAKARTA – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meraih SNI Award 2021 peringkat perak dari Badan Standardisasi Nasional (BSN), di Jakarta secara daring dan luring, Kamis (18/11/2021).

SNI Award yang dicanangkan sebagai The National Quality Award of Indonesia dimulai sejak 2005. SNI Award merupakan pemberian penghargaan tertinggi dari Pemerintah Repubik Indonesia bagi organisasi yang menerapkan standar nasional Indonesia (SNI) secara konsisten, berkinerja tinggi, memiliki kemampuan mengelola dinamisasi perubahan, serta melakukan transformasi yang diperlukan secara tepat.

Penyerahan anugerah SNI Award dilakukan Deputi Pengembangan Standar BSN Hendro Kusumo didampingi Direktur Penerapan Penguatan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN Heru Suseno. Sedangkan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY Siswantoyo mewakili UNY menerima penghargaan tersebut.

Kepala BSN Kukuh S. Ahmad mengatakan, penghargaan SNI Award 2021 diberikan kepada 98 organisasi dan perusahaan. Ada beberapa peringkat SN Award, mulai dari Platinum, Emas, Perak, Perunggu, dan Early Improvement. Ini meliputi 12 kategori yang dibuat, seperti kategori Organisasi Kecil Jasa, Organisasi Menengah Jasa, Organisasi Besar Jasa, Organisasi Kecil Barang, Organisasi Menengah Barang Sektor Agro, Organisasi Menengah Barang Sektor Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Organisasi Menengah Barang Sektor Kimia, Farmasi, Tekstil dan Pertambangan, Organisasi Besar Barang Sektor Agro, Organisasi Besar Barang Sektor Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Organisasi Besar Barang Sektor Kimia, Farmasi, Tekstil dan Pertambangan, Organisasi Pendidikan Tinggi, serta Organisasi Pendidikan Menengah.

UNY mendapat peringkat perak dalam kategori organisasi pendidikan tinggi bersama tujuh perguruan tinggi lainnya. Yakni, Universitas Negeri Makassar, Universitas Hasanuddin (UNHAS), Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, Universitas Ciputra Surabaya, Universitas Esa Unggul, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, dan Universitas Telkom.

Dewan Juri SNI Award diketuai Sandiaga Salahuddin Uno yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Ada 19 orang yang ahli di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian. mereka berasal dari pelaku usaha/profesional, pemerintah, perguruan tinggi, maupun asosiasi.

Dalam sambutannya secara online Sandiaga Uno mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada para penerima SNI Award. Menurut Sandiaga, melalui ajang SNI Award tersebut, perusahaan/organisasi bisa meraih benefit lebih. 

Ia berharap, SNI Award menjadi acuan organisasi meningkatkan kinerja organisasi. Karena SNI Award menilai berbagai aspek yang bisa mendorong kemajuan organisasi dalam mewujudkan kinerja yang lebih baik, termasuk manajemen dan kepemimpinan. Selain itu, juga fokus pada pelanggan, pengembangan sumberdaya, pengelolaan/realisasi produk, dan hasil bisnis.(****)

105 thoughts on “Bareng Tujuh Universitas Lain, UNY Raih Kategori Perak SNI Award 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.