Ajang WMM Sudah Lahirkan 50.000 Wirausahawan Muda

JAKARTA – Bank Mandiri berkomitmen mendukung lahirnya para wirausaha muda yang kreatif, dan inovatif yang bisa berkontribusi aktif untuk perekonomian Indonesia. Setelah melalui seleksi ketat, Wirausaha Muda Mandiri (WMM) mendapatkan tiga juara wirausaha muda inspiratif pada Grand Final Capital League WMM 2021.

“Sejak 2007, WMM melahirkan lebih dari 50.000 wirausahawan muda yang telah memberikan dampak langsung ke masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan, hingga siap menjadi solusi atas berbagai persoalan perekonomian bangsa. Inilah yang menyemangati kami untuk konsisten mengembangkan wirausaha muda Indonesia,” kata Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas, di Jakarta, Senin (29/11/2021).

Keputusan juri, juara satu (Capital Champion) adalah Aminudi, pengusaha pakan ternak dari sampah organik dengan nama usaha Biomagg dari Depok. Disusul kemudian, Syukriyatun Niamah, penyedia furnitur berbahan dasar material daur ulang plastik dengan nama usaha Robries asal Surabaya menjadi juara dua dan Alamsyah, penyedia sistem pelacakan mobil dan aset bergerak lainnya secara online dengan brand Fox Logger asal Jakarta menjadi juara tiga.

Ketiganya menjadi yang terbaik, setelah menyisihkan dua finalis lainnya di babak Grand Final Capital League WMM 2021 serta lebih dari 5.450 pelaku usaha muda usia yang mendaftar pada lima kategori. Mulai dari industri perdagangan dan jasa (IPJ), boga, kreatif, sosial hingga kategori teknologi di ajang WMM 2021.

Rohan menambahkan, upaya perseroan tidak hanya berhenti pada tahapan kompetisi. Perseroan akan melanjutkan dengan tahap pendampingan, pengembangan usaha, dan promosi usaha para finalis WMM.

“Kami mengikutsertakan finalis dan juara WMM di event-event promosi nasional dan lokal yang didukung Bank Mandiri, agar mereka bisa memperkenalkan produk mereka ke pasar, sehingga bisa menjadi nilai tambah dalam pengembangan bisnis mereka,” tegas Rohan.

Ditambahkan Rohan, proses pemilihan pemenang WMM tahun ini unik dan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bertema “Livin The Dream”, WMM mengusung konsep Capital League yang memberi tantangan bagi seluruh finalis untuk bersaing dan berjuang mendapatkan capital reward sebanyak-banyaknya dengan total reward Rp2,5 miliar.Pada  babak Grand Final Capital League WMM, finalis mempresentasikan konsep usahanya dan menjawab pertanyaan dewan juri nasional yang berperan sebagai calon investor. Mulai dari Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan M Lutfi, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Anggota Wantimpres Putri Kuswisnu Wardani, hingga Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

“Harapannya, ke depan WMM dapat menjadi wadah ekosistem pelaku usaha kreatif sekaligus inspirasi bagi generasi muda untuk menjadi wirausahawan inovatif, kreatif, dan solutif yang akan mengambil peranan penting dalam kebangkitan ekonomi nasional,” tegas Rohan.

Salah satu inisiatif yang dikembangkan untuk merealisasikan keinginan itu adalah mengoptimalkan jejaring finalis dan pemenang WMM periode sebelumnya.

“Kami telah membentuk Forum WMM yang akan berfungsi sebagai ajang silaturahim, sharing tips dan trik dalam menciptakan peluang usaha, konsultasi dan advisory pengembangan usaha, serta dukungan promosi dan pemasaran. Forum ini akan sangat penting karena para senior WMM ini dapat memberikan solusi sekaligus motivasi kepada peserta WMM tahun ini untuk tidak segera puas atau menyerah jika mengalami kesulitan,” kata Rohan.

Ia juga berharap, ajang WMM tersebut bisa terus dilaksanakan agar semakin banyak lagi generasi muda kreatif dan inovatif yang bisa masuk dalam ekosistem Wirausaha Muda Mandiri. (****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.