Di Depan Tim Asesor, UPT Perpustakaan UNY Siap Bantu Perpustakaan Desa

YOGYAKARTA – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menerima kunjungan tim asesor perpustakaan nasional RI di Rektorat, Jumat (26/11/2021). Kunjungan diterima Rektor UNY Prof. Sumaryanto, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Margana, Kepala UPT Perpustakaan Prof. Sulis Triyono dan sejumlah staf perpustakaan UNY.

Tim asesor terdiri dari Desi Mardianingsih, S.Sos, Indah Mindhar Winanti, S.Sos, Khusnul Khotimah, M.I.P dan Rendra Khris Ardhi Artha, M.Si, didampingi sejumlah tim dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY.

Pada kesempatan tersebut, Desi Mardianingsih mengatakan, kedatangan tim perpustakaan nasional dalam rangka memberikan penilaian keseluruhan bagi akreditasi perpustakaan UNY.

“Saya terkesan dengan kemajuan UNY yang pesat  dan hasil penilaian ini akan disidang plenokan,” ungkap Desi.

Sementara itu, anggota tim asesor lainnya Rendra Khris Ardhi Artha mengungkapkan, nilai yang diperoleh perpustakaan UNY tertinggi di antara perpustakaan lainnya.

“Biasanya plafon kami dalam penilaian adalah 95. Dari para asesor memberikan nilai 96,38,” jelas Ardhi.

Dalam sidang pleno akan dipertahankan argumentasi para asesor yang memberikan penilaian tersebut di hadapan asesor senior. Rendra merekomendasikan mengikuti diklat manajemen perpustakaan.

Rektor UNY menyambut baik kedatangan para asesor perpustakaan nasional dan meminta bimbingan dalam mengembangkan perpustakaan UNY karena perpustakaan merupakan jendela sukses segalanya. 

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Margana berharap agar perpustakaan UNY dimanfaatkan bagi semua pihak, bukan hanya bagi civitas akademika UNY karena disadari pada saat ini diperlukan sinergi mengembangkan dunia pendidikan melalui perpustakaan yang dimiliki. Menurut Prof Margana, di era 4.0 ini mau tidak mau perpustakaan harus mempunyai koleksi digitalnya, sehingga diupayakan penambahan koleksinya. Ia juga minta para tim asesor dan pendamping selalu memberi bimbingan mengakselerasi segi layanan, tatakelola, akuntabiltas, serta peningkatan koleksi untuk meningkatan kenyamanan penggguna.

Kepala UPT Perpustakaan Prof. Sulis Triyono mengatakan, kegiatan ini dalam rangka akreditasi perpustakaan UNY. Menurutnya, perpustakaan UNY divisitasi dengan berhasil meraih nilai akreditasi 96,38 dari 5 komponen yaitu koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggara dan pengelolaan serta komponen penguat.

Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni UNY ini berharap, UPT Perpustakaan UNY lebih dikenal masyarakat luas karena berpartisipasi turut mencerdaskan kehidupan bangsa melalui layanan perpustakaan ke masyarakat, membudayakan literasi digital melalui layanan e-journal dan e-book, mendukung Program SEPATU JOLIFA (Sistem Layanan Terpadu Jogja Library for All) yang dicanangkan Gubernur DIY dan DPAD DIY, berperan aktif membantu perpustakaan desa di seluruh DIY, bersinergis dengan DPAD DIY dan Perpusda se-DIY dalam meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat, serta meningkatkan kerja sama antara UPT Perpustakaan UNY dan Perpusnas RI dan Perpusda se-Indonesia. (****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.