Putri Reza Damayanti, Koki Warung Penyetan Jadi Wisudawati Terbaik

YOGYAKARTA – Meski hanya dijalani paruh waktu, namun kesungguhan melayani pelanggannya terlihat dari kesigapannya. Sesekali tersenyum pada mereka yang datang ke warung penyetan yang ada di Wedi, Klaten tersebut. Tidak hanya mencatat pesanan konsumen, ia juga sigap menyajikan, dan menjadi kasir pembayaran.

Itulah yang dijalani Putri Reza Damayanti, bekerja di warung penyetan tersebut sebagai balas budi pada pemilik warung yang bersedia membayar biaya kuliah dan biaya hidupnya selama ini. Memang, ia melakoninya hanya saat weekend saja. Di luar itu, ia berkuliah seperti biasa hingga mengantarnya menjadi lulusan terbaik wisuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) periode November 2021 jenjang D3. Tidak tanggung-tanggung, indeks prestasi yang diraihnya mencapai 3,83 dan berpredikat cumlaude.

Perempuan kelahiran Klaten, 4 Mei 1999 ini memang sejak usia pra-sekolah dasar diasuh tantenya. Karena, orang tuanya, pasangan Agus Sumarjo (almarhum) dan Sartini merupakan keluarga kurang mampu. Sartini sendiri bekerja sebagai tukang masak di warung penyetan yang sama dengan tempat Putri bekerja.

Di tempat ini, putri keempat Sartini ini bekerja saat libur kuliah. Sehar-hari, Putri harus kuliah di Wates, yang berjarak sekitar 60 kilometer dari Wedi, Klaten.

Selama kuliah, ternyata Putri juga aktif di organisasi mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Koperasi Mahasiswa (Kopma) UNY. Menurut Putri, selama kuliah tidak mengalami kesulitan menangkap materi yang diajarkan, karena dirinya selalu fokus pada yang disampaikan.

“Semua saya jalani satu per satu. Saya berusaha untuk aktif mengurus organisasi dan kuliah,” kata Putri, di sela wisuda.

Saat dirinya berorganisasi, Putri berusaha fokus pada organisasi yang diikutinya. Demikian pula, saat kuliah, dirinya berusaha fokus pada apa yang disampaikan dosen.

Dengan strategi tersebut, dirinya bisa memperoleh indeks prestasi yang bagus.  

Sebenarnya, alumni SMAN 2 Klaten ini lulus tahun 2017. Ia baru diterima di UNY pada tahun 2018. Jeda waktu setahun dimanfaatkannya untuk bekerja di salah satu toko kelontong di Klaten. Beruntunglah pada tahun ketiga kuliah, Putri mendapatkan beasiswa Bidikmisi sehingga masalah finansial bisa sedikit teratasi.

Warga Jiwo Kulon, Trotok, Wedi, Klaten ini diterima di Program Studi Diploma 3 Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi melalui jalur seleksi mandiri. Beruntung, ibu dan tantenya mendukung keinginan Putri untuk kuliah. Sebagai balas budi, Putri bersedia membantu pekerjaan kerumahtanggaan di rumah tantenya, seperti menyapu atau mengepel lantai.

Perjuangan Putri tidak sia-sia, ia berhasil menjadi lulusan terbaik program diploma dalam wisuda yang dilaksanakan akhir November 2021 ini. Putri berharap bisa melanjutkan ke jenjang S1 dengan program studi yang sama.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.