Tiga Mahasiswa UNY Sukses Raih Raih Best Creativity Dalam Satria Data

YOGYAKARTA – Kreativitas adalah kemampuan memberikan gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah. Selain itu, wujudnya berupa kemampuan seseorang melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa sudah ada. Kreativitas berlaku pada semua lini, termasuk pendidikan. Ini berlaku pula pada bidang statistik.

Kreativitas itulah yang mengantarkan mahasiswa Prodi Statistika Fakultas MIPA UNY. Mereka mendapatkan Best Creativity pada kegiatan Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) pada bidang lomba Statictic Infographic Competition, akhir November 2021. Para mahasiswa itu adalah Subkhan Hikmah Fitri, Angeliya Milla Khariyani, dan Dave Prihadi Nagogo Rajagukguk.

Subkhan Hikmah Fitri mengatakan, mereka mengikuti Satria Data dan diberi soal oleh panitia berupa data komoditas perikanan di Indonesia. Data tersebut meliputi negara dengan ekspor tertinggi, komoditas dan volume ekspor tertinggi.

“Kami diharuskan membuat poster dari data tersebut yang ditampilkan menjadi informasi yang menarik,” kata Subkhan.

Selanjutnya, lanjut Subkhan,  data tersebut diolah dalam tiga jenis diagram sesuai permintaan panitia. Yaitu, diagram batang, garis, dan lingkaran. Ia menjelaskan,  untuk diagram batang yang ditampilkan menyerupai kapal yang merepresentasikan 5 negara dengan volume ekspor komoditas perikanan tertinggi pada tahun 2020, yaitu negara Tiongkok, Amerika Serikat, Jepang, Thailand dan Malaysia. Tiongkok merupakan negara tertinggi ekspor komoditas perikanan Indonesia, total ekspornya mencapai 422.564 ton. Berikutnya, negara kedua tertinggi adalah Amerika Serikat dengan total ekspor 238.390 ton. Negara selanjutnya,  Jepang yang mencapai 99.767 ton, Thailand 98.332 ton, dan Malaysia dengan total ekspor sebesar 71.411 ton.

“Kami buat diagram batang ini menyerupai kapal agar tampilannya menarik, juga merepresentasikan kapal tersebut memiliki andil dalam ekspor komiditas perikanan,” jelasnya.

Angeliya Milla Khariyani menambahkan, untuk diagram garis menjelaskan volume ekspor ketiga komoditas dari kelima negara selama 20 tahun terakhir. Jika dilihat secara keseluruhan, grafik yang disajikan terlihat memiliki trend naik. Dari grafik tersebut juga bisa dilihat udang dan rumput laut memimpin jenis komoditas perikanan dibandingkan dengan tuna dan tongkol. Pada tahun 2020, volume ekspor tertingginya adalah udang namun udang dan rumput laut hanya memiliki selisih yang sedikit.

“Agar eye catching, diagram garis kami buat dalam tiga warna berbeda yaitu kuning untuk udang, putih untuk tuna tongkol dan hijau untuk rumput laut,” imbuh Milla.

Sedangkan untuk melihat bagaimana sebaran volume ekspor dari ketiga komoditas tersebut dibuatlah diagram lingkaran yang menjelaskan persentase masing-masing dari lima negara terhadap tiga komoditas tertinggi pada tahun 2020.

Menurut Dave Prihadi Nagogo Rajagukguk, dalam diagram lingkaran tersebut juga ada warna yang mereprentasikan ketiga komoditas dan terdapat warna yang merepresentasikan negara. Warna ungu untuk Amerika Serikat, biru tua untuk Tiongkok, orange untuk Jepang, biru muda untuk Malaysia, dan kuning untuk Thailand. Dalam diagram lingkaran tersebut bisa dilihat pada 2020 negara dengan volume ekspor udang tertinggi adalah Amerika Serikat sebesar 69,10%. Sedangkan ekspor rumput laut volume tertinggi pengirimannya ke negara Tiongkok sebesar 96,54% dan untuk komoditas tuna dan tongkol, negara tujuan volume ekspor tertingginya adalah Tiongkok sebesar 73,67%.

“Agar lebih menarik dalam diagram lingkaran ini kami tampilkan bendera negara-negara tersebut,” katanya.

Tim ini meraih kategori Best Creativity karena tampilan posternya terlihat atraktif dan eye catching.

Satria Data merupakan kegiatan skala nasional yang didukung Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang statistika dan sains data termasuk penerapannya. Ada empat jenis lomba, yaitu National Statistic Competition (NCS), Statistic Essay Competition (SEC), Statistic Infographic Competition (SIC) dan Big Data Challenge (BDC). Statistics Infographics Competition (SIC) merupakan salah satu kompetisi di Satria Data dan Festival Sains Data, dimana untuk mengubah informasi yang terkandung dalam topik yang disediakan menjadi suatu infografis yang menarik dan komprehensif.(****)

2 thoughts on “Tiga Mahasiswa UNY Sukses Raih Raih Best Creativity Dalam Satria Data

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *