Dukung MotoGP 2022 Mandalika, Telkomsel Hadirkan Layanan Akses Broadband 4G/LTE  

JAKARTA – Telkomsel sebagai leading digital telco berkomitmen mengakselerasi digitalisasi seluruh wilayah Indonesia. Tujuannya, mengoptimalkan berbagai potensi di berbagai sektor kehidupan melalui pemanfaatan teknologi terdepan. Kini, komitmen ini dilanjutkan dengan dukungan dalam mengoptimalkan konektivitas digital terdepan sekaligus mendorong transformasi digital Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Caranya, melalui inovasi ragam produk dan layanan unggulan, terutama mendukung hadirnya pengalaman aktivitas digital yang prima dalam gelaran olahraga balap motor internasional MotoGP 2022, yang berlangsung di Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB, pada 18-20 Maret 2022.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, diperkirakan puluhan ribu orang memadati area MotoGP 2022 di Mandalika, sehingga berpotensi mendorong peningkatan trafik layanan komunikasi yang cukup signifikan.

“Telkomsel hadir melalui dukungan fasilitas jaringan berteknologi terdepan 4G/LTE yang merata dan setara, untuk memastikan tim official, jurnalis nasional maupun internasional, dan pengunjung tetap nyaman dan lancar berkomunikasi, dan bisa membagikan momen seru tersebut melalui berbagai platform media sosial. Kami turut menggelar jaringan Hyper 5G yang dilengkapi showcase ‘Telkomsel 5G Experience’ di kawasan Mandalika International Street Circuit untuk memberikan pengalaman aktivitas digital yang baru bagi para pengunjung dengan menampilkan berbagai use case pemanfaatan teknologi berbasis jaringan 5G. Upaya Telkomsel menghadirkan konektivitas digital yang lebih merata serta produk dan layanan unggulan yang customer-centric bisa mendorong kebangkitan pariwisata di Nusa Tenggara Barat,” kata Nugroho, Jumat (18/03/2022).

Menurut Nugroho, dalam mendukung hadirnya konektivitas digital yang andal dan merata selama pergelaran MotoGP 2022 di Mandalika, Telkomsel menambah 132 BTS 4G/LTE untuk melengkapi total 382 BTS 4G/ LTE yang beroperasi melayani kebutuhan akses komunikasi, khususnya broadband bagi masyarakat dan pengunjung di kawasan Mandalika. Khusus di kawasan Mandalika International Street Circuit, Telkomsel juga mengoperasikan tambahan 11 Compact Mobile BTS (COMBAT) 4G/LTE.  

Selain itu, Telkomsel juga melakukan penambahan dan penguatan kapasitas seluruh BTS 4G/LTE yang difokuskan di sejumlah area dengan potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi. Di antaranya, area penginapan, lokasi wisata kuliner, medical center, titik-titik transit transportasi seperti bandara dan pelabuhan, tempat destinasi wisata, hingga Mandalika International Street Circuit.

Ia menambahkan, Telkomsel juga baru meraih empat penghargaan dari Ookla® Speedtest Awards™ 2021. Ke-empat penghargaan yang diraih adalah Fastest Mobile Network (akses mobile broadband tercepat), Best Mobile Coverage (jangkauan jaringan broadband terluas), Top-Rated (operator yang paling dipilih pengguna), dan Best Mobile Network (kecepatan mobile broadband terbaik dengan jangkauan terluas).

“Seluruh pencapaian tersebut menjadi pendorong bagi Telkomsel untuk terus secara konsisten menghadirkan kapabilitas jaringan broadband terdepan dan merata di Indonesia,” tegasnya.

Terkait gelaran jaringan dan layanan Hyper 5G, Telkomsel menggelar 16 BTS 5G yang menjangkau sejumlah titik di kawasan Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok. Telkomsel menggunakan frekuensi 2100 MHz dan 2300 MHz yang secara komersial digelar sejak tahun lalu, serta tambahan frekuensi 3500 MHz dan millimeter wave 26 GHz (26000 MHz) yang sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI selama gelaran MotoGP Mandalika.

Pada pengujian di kawasan Mandalika, kombinasi frekuensi 2100 MHz, 2300 MHz, dan 2500 MHz menghasilkan kecepatan lebih dari 2 Gbps. Sedangkan pada pengujian menggunakan frekuensi millimeter wave 26 GHz, kecepatan Hyper 5G Telkomsel yang mencapai lebih dari 5 Gbps.

Telkomsel juga menghadirkan showcase ‘Telkomsel 5G Experience’ yang hadir di area Commercial Mandalika International Street Circuit, dan menampilkan enam use case teknologi terbaru yang didukung jaringan Hyper 5G Telkomsel. Use case 5G pertama adalah Humanoid Robot, di mana pengunjung bisa melihat langsung sebuah robot yang memiliki kemampuan menyerupai manusia dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai industri seperti hiburan, media, hingga retail.

Kemudian, use case 5G kedua adalah Cloud Gaming, yang menghadirkan keseruan bermain game online balap MotoGP secara streaming dan didukung karakteristik throughput yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah. Berikutnya, melalui use case 5G Drone, pengunjung bisa melihat video demonstrasi penggunaan 5G drone untuk kebutuhan remote surveillance pada industri. Selanjutnya, use case Virtual Reality, yang bisa dimanfaatkan pengunjung mencoba menggunakan teknologi tersebut untuk bermain game online, menggelar rapat, simulasi training dan kolaborasi jarak jauh, hingga menikmati destinasi wisata dan keindahan alam di Labuan Bajo secara virtual.

Use case kelima adalah AR Industrial Work Instruction yang mendukung penerapan AR di sektor industry. Seperti aktivitas inspeksi maupun instruksi jarak jauh untuk keperluan digitalisasi pelatihan hingga perawatan dan perbaikan mesin di industri otomotif secara virtual dan real-time.

Terakhir, Telkomsel berkolaborasi dengan Huawei dan Qualcomm menghadirkan use case teknologi 5G mmWave-Device, yang menunjukkan bagaimana jaringan Hyper 5G Telkomsel sudah bisa mendukung optimalisasi berbagai perangkat mobile seperti laptop, smartphone, hingga modem dan router, yang menggunakan frekuensi mmWave 26 GHz untuk menghadirkan akses kecepatan tinggi guna mendukung aktivitas digital mulai dari bermain game online hingga streaming video 4K tanpa lag maupun buffering.

Selain menikmati ‘Telkomsel 5G Experience’ di area commercial di kawasan kawasan Mandalika International Street Circuit selama gelaran MotoGP Mandalika berlangsung, pelanggan juga bisa merasakan keunggulan jaringan Hyper 5G Telkomsel dengan menjajal kecepatan akses broadband menggunakan sejumlah smartphone 5G yang didukung sejumlah mitra device bundling Telkomsel seperti Apple, Xiaomi, Vivo, dan Oppo.

Sebagai upaya mengoptimalkan pengalaman aktivitas digital pengunjung, Telkomsel menghadirkan ragam program, produk, dan layanan yang melengkapi sekaligus menunjang berbagai kebutuhan gaya hidup digital pelanggan selama di kawasan Mandalika.

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng mengatakan, selain melakukan optimalisasi jaringan, Telkomsel menghadirkan beragam program, serta menghadirkan berbagai produk dan layanan yang mampu membuka peluang lebih luas bagi pelanggan mendapatkan pengalaman aktivitas digital terbaik selama di kawasan Mandalika.

“Berbagai upaya tersebut kami hadirkan sebagai bentuk komitmen Telkomsel memberikan pengalaman aktivitas digital terbaik yang menyeluruh bagi seluruh pelanggan, baik selama menonton MotoGP 2022, maupun selama mengabadikan keindahan alam Mandalika,” katanya.

Di kawasan Mandalika International Street Circuit, Telkomsel menghadirkan tiga booth yang masing-masing berada di area Bukit 360 (Bale TelkomGroup), di area Commercial, dan area Deluxe. Pelanggan bisa mendapatkan pengalaman terbaik menikmati berbagai produk dan layanan unggulan terdepan dari Telkomsel seperti paket data dan voucher fisik internet, isi ulang pulsa dengan harga terjangkau, paket internet SeruMAX khusus untuk masyarakat di Lombok, upgrade/ganti kartu uSIM ke 4G, Telkomsel Orbit 5G, beragam layanan hiburan digital, penukaran Telkomsel POIN untuk merchandise eksklusif, hingga fitur self-provisioning kartu SIM untuk layanan 5G dapat diakses melalui aplikasi MyTelkomsel.

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit menambahkan, Telkomsel menyediakan booth penjualan di sejumlah titik pada jalur utama, berkolaborasi dengan para mitra outlet di sekitar kawasan Mandalika International Street Circuit, serta membuka booth penjualan di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok untuk membantu proses registrasi prabayar sesuai aturan yang berlaku. Sebelumnya, Telkomsel menghadirkan kartu perdana Telkomsel Prabayar Tourist, khusus bagi wisatawan mancanegara yang didukung layanan 5G Telkomsel serta paket data dan IDD Call spesial, untuk mengoptimalkan kebutuhan komunikasi hingga aktivitas digital selama berkunjung di Indonesia,” katanya.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.