BCA Komitmen Implementasikan Visi Pembangunan Keberlanjutan Sesuai SDGs

JAKARTA – Upaya pelestarian lingkungan saat ini senantiasa dilakukan berbagai pihak. Tujuannya, untuk mendorong pembangunan keberlanjutan. Tidak terkecuali PT Bank Central Asia Tbk. (BCA), salah satu lembaga keuangan di Indonesia yang berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan tersebut. Kali ini, BCA mengajak masyarakat menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan menggelar talkshow LDR “Lihat Dari Rumah”: Plant Trees for a Better Tomorrow.

“Sudah menjadi tugas kita semua untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Hal ini pun selaras dengan #BCAForSustainability, yang menekankan pada peningkatan kesejahteraan sosial dan lingkungan dalam masyarakat untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Berbagai upaya dan aksi nyata terus kami lakukan untuk mengajak masyarakat memperoleh pemahaman mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup,” ujar EVP CSR BCA Inge Setiawati saat menjadi pembicara virtual talkshow “Lihat Dari Rumah” (LDR), pekan lalu (18/03/2022).

Selain Inge, BCA juga mengundang pembicara lain, yakni Co-Founder Kebun Kumara Siti Soraya Cassandra. Virtual talkshow LDR tersebut juga disiarkan melalui kanal Instagram @goodlifebca dan Youtube SolusiBCA pada Pukul 19.00.

Inge meneruskan, BCA turut mengedukasi masyarakat mengenai kondisi lingkungan hidup saat ini yang semakin tidak sehat. Karenanya, diperlukan upaya untuk bisa mengembalikan kelestarian tersebut. Menanam pohon memberikan banyak manfaat untuk masa depan.

Ia kembali mengingatkan mengenai #BCAForSustainability sebagai upaya BCA untuk berkontribusi dalam kelestarian lingkungan hidup, serta berbagai kontribusi BCA dalam pelestarian lingkungan hidup dan dalam perwujudan Environtmental, Social and Governance (ESG).

Dalam talkshow tesebut, juga dijelaskan upaya pelestarian lingkungan dengan menanam pohon di daerah perkotaan memiliki tantangan seperti lahan semakin sempit, kurangnya daerah resapan air yang merata, dan tantangan lainnya. Namun, bukan berarti hal ini menjadi penghambat untuk bisa mensukseskan upaya pelestarian lingkungan hidup. Terutama di daerah perkotaan. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menanam pohon di daerah perkotaan yang kekurangan akan lahan subur seperti dengan hidroponik dan metode lainnya.

Sebagai informasi, BCA semakin memperkuat komitmennya untuk mengedepankan nilai-nilai ESG mengacu pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Pada 2021, penyaluran kredit untuk sektor-sektor berkelanjutan mencapai Rp 154,4 triliun atau naik 20,9% YoY, jauh di atas target pertumbuhan 5,5%.

Sementara itu, Soraya menegaskan, untuk mewujudkan kelestarian lingkungan hidup, diperlukan juga peran serta seluruh lapisan masyarakat. Hal ini dapat dimulai dari hal kecil dan dapat dimulai dari lingkungan kecil seperti rumah dan sekitarnya. 

“Selain itu, generasi muda juga menjadi salah satu pihak yang memiliki peran penting dalam melestarikan lingkungan dan menjaga keselarasan lingkungan hidup,” pungkas Soraya.(****)

9 thoughts on “BCA Komitmen Implementasikan Visi Pembangunan Keberlanjutan Sesuai SDGs

  1. I’ll immediately grab your rss as I can not to find your e-mail subscription link or e-newsletter service.
    Do you’ve any? Kindly allow me understand so that I may just subscribe.
    Thanks.

  2. You are so cool! I don’t think I’ve truly read through a single thing like this before.

    So great to discover another person with a few original thoughts on this topic.

    Seriously.. thanks for starting this up. This website is something that’s needed on the
    internet, someone with a little originality!

  3. continuously i used to read smaller articles or reviews which as well clear their motive,
    and that is also happening with this post which I am reading here.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *