Gelar RUPSLB, Bank KB Bukopin Ubah  Susunan Pengurus Perseroan

JAKARTA – PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP) bersiap menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Rencananya, dalam RUPSLB yang akan diadakan Rabu besok (23/03/2022), KB Bukopin hanya mengagendakan perubahan susunan pengurus perseroan dengan mengangkat Jin Bum Kim. Ini mengacu Pasal 94 Ayat (1) dan Pasal 111 Ayat (1) Undang-undang Perseroan Terbatas Juncto Pasal 3 dan Pasal 23 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 33/POJK.04/2014 tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik Juncto Pasal 11 ayat 6 dan Pasal 17 ayat 7 Anggaran Dasar Perseroan.

“Sesuai dengan publikasi di web perseroan, persetujuan pengangkatan bapak Jin Bum Kim akan berdasarkan keputusan pemegang saham pada RUPSLB besok [Rabu, red],” kata Sekretaris Perusahaan Bank KB Bukopin Slamet Haryanto Pradhana, Selasa (22/03/2022).

Dari pengumuman yang diunggah KB Bukopin, Selasa (22/03/2022), saat ini Jin Bum Kim menjabat General Manager Global Business Department, KB Kookmin Bank sejak Januari 2022.

Sebelumnya, Kim menjabat sebagai Team Head of Corporate Banking in Branch di KB Kookmin Bank pada 2020 – Desember 2021. Pada 2019, pria kelahiran Seoul ini dikirim ke Bank Bukopin untuk setahun. Pada 2011 – 2017, menjadi Team Head, Global Business Department di KB Kookmin Bank.

Jin Bum Kim juga pernah menjabat sebagai Deputy General Manager of Asset-Liabilities Management Team, Financial Planning Department di KB Kookmin Bank pada 2009 – 2010.

Adapun pemegang saham yang berhak hadir dalam rapat adalah pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham (DPS) perseroan dan/atau pemilik saham dalam saldo sub rekening efek di PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada 25 Februari 2022 sampai penutupan perdagangan saham.

RUPSLB sendiri akan digelar di Auditorium Gedung Bank KB Bukopin Lantai 3, mulai pukul 09.30 WIB. Belum lama ini, emiten bersandi saham BBKP melanjutkan ekspansi bisnis dengan mengembangkan segmen Korean Link Business, seiring dengan semakin maraknya perusahaan Korea Selatan berinvestasi di Indonesia.

Presiden Direktur KB Bukopin Chang Su Choi menegaskan, ekspansi bisnis KB Bukopin mencakup penyaluran kredit (lending) dan penghimpunan dana (funding) kepada perusahaan Korea Selatan. Ia mengungkapkan, KB Bukopin berhasil memperoleh kepercayaan sejumlah perusahaan besar asal Korea Selatan yang berkolaborasi di Korean Link Business yang dikelola KB Bukopin. Di antaranya, Lotte Group, LG Electronics, Hyundai, Hankook Tire, dan Lock & Lock. KB Kookmin Bank merupakan bagian Kookmin Bank Financial Group, dikenal karena reputasinya dan berpengalaman di industri perbankan tingkat global.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.