Kemenpora Gandeng Universitas Gajah Mada Melakukan Riset Kepemudaan

YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia sepakat melakukan pendidikan dan penelitian di bidang kepemudaan. Tujuannya, mendorong prestasi olahraga dan kemandirian pemuda di tanah air.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dr. Zainudin Amali mengatakan, pihaknya sengaja menggandeng pihak universitas dalam melakukan kajian dan penelitian soal kepemudaan agar pemerintah mengeluarkan kebijakan berdasarkan hasil riset yang mendalam.

“Kami menempatkan perguruan tinggi menjadi hal utama dalam bidang kepemudaan dan olahraga. Bidang kepemudaan peran perguruan tinggi sangat penting dan strategis karena apapun kebijakan dari pemerintah tidak lepas dari kajian dan penelitian secara komprehensif,” kata Menpora usai penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Kemenpora RI dan UGM di Balairung, Gedung Pusat UGM, Jumat (25/03/2022).

Menpora meneruskan, capaian indeks pembangunan pemuda belum maksimal. Bahkan, mengalami penurunan selama masa pandemi Covid-19. karena tidak banyak program kegiatan kepemudaan yang bisa dilaksanakan. Seperti diketahui, nilai capaian nilai Indeks Pembangunan Pemuda Indonesia pada 2020 sebesar 51,00 atau turun sebesar 1,67 poin dari tahun 2019. Padahal, target nilai IPP Indonesia di tahun 2024 sebesar 57,67.

“Capaian indeks pembangunan pemuda kita belum maksimal kita raih. Banyak kegiatan kepemudaan yang tertunda karena situasi pandemi,” ungkapnya.

Ia berharap melalui kajian kepemudaan dan pelatihan serta pemberdayaan yang dilakukan UGM nanti bisa mendorong pemuda agar lebih kreatif, inovatif, dan mandiri, serta memiliki daya saing.

“Kita tahu 25 persen penduduk kita adalah generasi muda yang memiliki potensi luar biasa bila dikelola dengan baik. Kemenpora mencanangkan kemandirian pemuda, kreatif, inovatif, berdaya saing serta memiliki kemampuan berwirausaha,” tukasnya.

Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono M.Eng., D.Eng., menyambut baik terlaksananya kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, serta pemberdayaan kepemudaan dan olahraga. Rektor menginginkan dengan kerja sama tersebut bakal mendorong kegiatan kepemudaan dan mendorong capaian prestasi olahraga di tingkat internasional.

“Semoga penelitian ini bisa berjalan dengan baik dan lancer, sehingga mendukung peningkatan prestasi olahraga di Indonesia. Kami bangga akan prestasi olahraga di Indonesia baru-baru ini karena sukses menyelenggarakan MotoGP Mandalika dan kejuaraan All England,” katanya.

Menurut rektor, berbagai prestasi olahraga internasional yang diraih saat ini tak lepas dari kontribusi Kemenpora dalam dan usaha meningkatkan kegiatan olahraga dan kepemudaan, termasuk menggandeng UGM dalam penelitian kesehatan dan kebugaran, gizi teknik keolahragaan.

“UGM akan siap dan terus berkolaborasi dengan Kemenpora dalam usaha pengembangan dan memajukan olahraga di tanah air,” tegas rektor.(****)

2 thoughts on “Kemenpora Gandeng Universitas Gajah Mada Melakukan Riset Kepemudaan

  1. Hey! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but
    I’m not seeing very good results. If you know of any please share.
    Thanks! You can read similar art here: Auto Approve List

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *