Komitmen Gojek, Dukung Pengembangan Pengembangan Teras Malioboro dan SiBakul 2022

YOGYAKARTA – Gojek, salah satu aplikasi ojek online (ojol) berkomitmen mendorong pengembangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Yogyakarta. Komitmen tersebut sekaligus dalam upaya memulihkan perekonomian Yogyakarta yang sempat turun selama pandemi Covid-19.  

Dalam upaya memudahkan masyarakat dan pelaku UMKM dengan layanan berbasis digital, Gojek menggandeng Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) Yogyakarta. Gojek merealisasikan dengan mendukung operasional pelaku UMKM di Teras Malioboro. Kontribusi Gojek di Teras Malioboro merupakan bentuk dukungan atas upaya pemulihan perekonomian daerah melalui kebangkitan sektor pariwisata dengan multiplier effect bagi UMKM di Yogyakarta. Ini sejalan dengan upaya Gojek sebagai salah satu kontributor utama digital ekonomi di Indonesia dalam mendorong UMKM untuk semakin berkembang melalui ekosistemnya yang komprehensif.

Kepala Bidang Layanan Bidang Kewirausahaan Dinas KUKM Yogyakarta Wisnu Hermawan mengatakan, Teras Malioboro merupakan program prioritas Yogyakarta yang akan menjadi momentum kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, agar bisa mendorong pemulihan ekonomi. Teras Malioboro merupakan alternatif lokasi bisnis yang strategis bagi pelaku UMKM, pedagang oleh-oleh, serta kuliner khas Jogja. Selain itu, Teras Malioboro tidak meninggalkan kearifan lokalnya dan akan menjadi ikon baru di seputar Malioboro.

“Kami mengapresiasi Gojek atas dukungannya dalam kolaborasi Teras Malioboro ini, secara khusus dalam mempersiapkan ketersediaan dan kesiapan pelaku kuliner melalui ekosistem digital pembayaran nirkontak dan promo menarik GoPay,” kata Wisnu, pekan lalu (25/03/2022).

Sementara itu, VP Strategic Region Gojek Central West Java Anandita Danaatmadja mengungkapkan, Gojek bangga dipercaya Pemprov Yogyakarta sebagai perusahaan yang terlibat dalam pengembangan Teras Malioboro dan implementasi pemasaran digital SiBakul. Semua itu menjadi bukti kepercayaan Pemprov Yogyakarta terhadap inovasi teknologi dan sosial impact yang Gojek lakukan. Kolaborasi ini menjadi kesempatan bagi Gojek dan Pemprov Yogyakarta untuk mendorong pemulihan ekonomi daerah melalui kebangkitan sektor pariwisata dan UMKM.

“Partisipasi Gojek dalam mendukung inisiatif ini adalah bagian dari upaya holistik ekosistem kami untuk berkontribusi pada pemulihan ekonomi daerah dengan membangkitkan sektor pariwisata dan UMKM. Kami siap bermitra dengan berbagai pihak, terutama pemerintah, dalam mendorong inisiatif strategis yang dapat mendukung pemulihan ekonomi. Manifestasi dari komitmen tersebut adalah kemitraan kami dengan Pemprov Yogyakarta melalui Dinas KUKM Yogyakarta,” katanya.

Selama 2020-2021, Gojek sukses menaikan omzet pedagang lebih dari 40%. Karenanya, Gojek  melanjutkan kerja sama Program SiBakul 2022. Gojek ingin menjadikan Teras Malioboro sebagai Ikon baru Yogyakarta, melalui pemanfaatan teknologi yang memudahkan masyarakat dan wisatawan berbelanja oleh-oleh dan kuliner khas Jogja. Gojek akan melengkapi dengan pembayaran QRIS dengan GoPay dan Go-digital dalam memperluas pangsa pasar.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.