Selamat!! Universitas Sebelas Maret Surakarta Resmi Buka Dua Fakultas Baru

SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) resmi menambah dua fakultas baru, yakni Fakultas Psikologi (FP) serta Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data (FTISD). Dengan hadirnya dua fakultas baru di lingkungan UNS tersebut, diharapkan mendorong perkembangan UNS lebih cepat dan lebih baik lagi ke depannya.

Harapan tersebut disampaikan Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho, pekan lalu (25/03/2022).

Menurut Prof Jamal, sebelum menjadi Fakultas Psikologi, selama 17 tahun merupakan program studi (prodi). “Fakultas Psikologi  sudah lama sebagai prodi. Kita berharap dengan meningkatnya prodi menjadi fakultas, perkembangan Fakultas Psikologi ke depan jauh lebih cepat dan lebih baik,” ungkap Jamal.

Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data (FTISD) UNS, lanjut Prof Jamal, merupakan fakultas yang futuristik. Fakultas tersebut sesuai dengan era disrupsi dan revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini.

Pembukaan fakultas baru tersebut melalui proses yang berbeda, mengingat status UNS yang kini menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

“Prosesnya diajukan rektor kepada Senat Akademik dan ditelaah Senat Akademik. Setelah itu direkomendasikan Senat Akademik untuk bisa dibuka kedua fakultas itu,” paparnya.

Prof Jamal menegaskan, memang sekarang ini memakai model berbeda untuk penambahan fakultas baru . Selaku Rektor UNS, beliau menuturkan tidak berencana akan ada dekan baru untuk dua fakultas tersebut. 

“Kita sekarang punya tiga belas fakultas dan dua sekolah. Jadi, tidak harus misal, dekannya lima belas, tetap tiga belas. Bisa saja ke depan lebih simpel lagi. Lima belas fakultas itu bisa saja dekannya kurang dari 10, misalnya saja,” ungkap Jamal.

Mengenai Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, kedua fakultas ini memberikan penambahan kuota mahasiswa untuk keseluruhan jalur. Dari unggahan akun Instagram @spmbuns, kuota mahasiswa Fakultas Psikologi UNS meningkat dari 150 menjadi 250 orang. Sedangkan kuota mahasiswa FTISD UNS  juga naik, dari 80 menjadi 100 orang.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.