Aplikasi JAKI (Jakarta Kini), Jebolan IdenTIK yang Raih Gold di ASEAN ICT Award 

JAKARTA – JAKI, kependekan dari Jakarta Kini dan merupakan aplikasi dengan kategori Public Sector yang berhasil meraih gold di ASEAN ICT Award (AICTA) pada 2021. JAKI sendiri merupakan salah satu karya jebolan IdenTIK atau Kompetisi Indonesia Enterpreneur TIK yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Koordinator Pemberdayaan Kapasitas Teknologi Direktorat Pemberdayaan Informatika Aris Kurniawan mengatakan, jika JAKI sebelumnya telah meraih predikat terbaik pertama dalam Kompetisi TIK Nasional IdenTIK 2021.

“Karya TIK ini (JAKI, red) sebelumnya meraih predikat terbaik pertama di kompetisi IdenTIK 2021,” ungkap Aris, pekan lalu (26/03/2022).

Menurut Aris, IdenTIK merupakan ajang kompetisi yang ditujukan untuk menggali produk TIK karya anak bangsa terbaik yang mampu bersaing di tingkat regional maupun internasional. Ajang ini merupakan program resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan gelaran tahun 2022 merupakan penyelenggaraan ke-4.

Sementara itu, Juri Kategori Public Sector Shita Laksmi mengatakan, IdenTIK di kategori Public Sector telah melahirkan jawara-jawara baru. Para jawara tersebut banyak dipakai pemerintah.

“Di kategori Publik Sector, para jawara IdenTIK telah melahirkan karya-karya TIK yang mendukung operasional pemerintah dan memberi manfaat bagi masyarakat. Ada karya lain seperti Cirebon Siaga 112 dan Jaklapor, serta banyak karya lainnya,” paparnya.

Ia mencontohkan, Cirebon Siaga 212 merupakan pusat layanan pengaduan masyarakat melalui nomor telepon 112. Penelepon bisa mengakses bantuan maupun memberikan informasi terkait kegawatdaruratan tanpa dikenakan biaya panggilan.

Dengan juga dengan Jaklapor, salah satu fitur dalam JAKI yang ditujukan untuk mempermudah masyarakat melaporkan gangguan dan kendala dalam kegiatan sehari-hari. Sedangkan JAKI adalah aplikasi pusat informasi dan layanan masyarakat resmi Pemprov DKI Jakarta yang didesain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga Jakarta.

JAKI merupakan kependekan Jakarta Kini. Aplikasi ini menyediakan fitur yang merefleksikan citizen-design services. Di dalamnya, memadukan fitur layanan buatan pemerintah maupun masyarakat, seperti perusahaan rintisan (startup). Lalu, JAKI terintegrasi dengan sistem Cepat Respons Masyarakat (CRM) atau layanan digital dan informasi milik Pemprov DKI Jakarta. Dengan begitu, warga Jakarta cukup mengunduh satu aplikasi.

Karya-karya terpilih IdenTIK memang akan meneruskan langkahnya mewakili Indonesia mengikuti ajang kompetisi di tingkatan regional AICTA. Yakni, program dan proyek prestisius yang disepakati para menteri telekomunikasi se-ASEAN.  “AICTA dijadikan sebagai tolak ukur kesuksesan dalam hal inovasi dan kreativitas,” tegasnya.(****)

4 thoughts on “Aplikasi JAKI (Jakarta Kini), Jebolan IdenTIK yang Raih Gold di ASEAN ICT Award 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *