BI Dorong Penggunaan Aplikasi Pintar untuk Memudahkan Pelayanan Penukaran Uang

JAKARTA – Dua tahun terakhir, Bank Indonesia (BI) meniadakan layanan penukaran uang tunai menjelang lebaran. Alasannya jelas, karena ada pandemi Covid-19. Tahun ini, BI membuka Kembali layanan kas keliling untuk penukaran uang tunai saat Ramadan dan menjelang Idulfitri.

Menurut Deputi Gubernur BI Aida S. Budiman, BI menyiapkan uang tunai senilai Rp 175,26 triliun untuk kebutuhan Ramadan dan Idulfitri tahun 2022 ini. BI juga mendorong masyarakat mulai menggunakan aplikasi Pintar untuk layanan penukaran uang.

“Penukaran uang bisa mengakses situsnya Pintar. Dari situ, bisa melakukan pemesanan apa yang diinginkan, pada tanggal berapa, jumlahnya berapa, itu bisa dilakukan,” ungkap Aida saat mengisi acara Kick Off: Serambi Rupiah Ramadan, Senin (04/04/2022).

Aida meneruskan, penggunaan aplikasi Pintar sangat penting dilakukan dalam upaya mengurangi risiko kerumunan saat pandemi Covid-19. Layanan secara online tersebut juga memberikan kemudahan dan kenyamanan. Selain itu, juga memberikan kepastian baik dari sisi jumlah maupun kualitas.

Layanan penukaran uang melalui aplikasi Pintar bisa dilakukan di kantor pusat dan kantor perwakilan, maupun di layanan kas keliling penukaran uang BI. BI juga bersinergi dengan perbankan dalam perluasan layanan penukaran uang. Tahun ini, BI menyiapkan 5.300 lokasi penukaran. Perinciannya, sebanyak 453 lokasi di Jabodebek dan sisanya 4.560 lokasi di luar Jabodebek.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.