Laksanakan Program MBKM, UWM Yogyakarta dan Kabupaten Paser Kembangkan Kerja Sama 

YOGYAKARTA – Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta dengan Kabupaten Paser di Kalimantan Timur sepakat bekerja sama lintas sektoral selama lima tahun. Kesepakatan kerja sama terjadi dalam silaturahmi antara Ketua DPRD Kabupaten Paser Hendra Wahyudi dengan Rektor UWM Yogyakarta Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec dan Wakil Rektor III UWM Yogyakarta Puji Qomariyah di Ruang Rektor UWM, Kamis (07/04/2022).

Pada pertemuan tersebut, kedua pihak sepakat meresmikan kerja sama dalam acara penanda tanganan kerja sama antara Rektor UWM dan Bupati Kabupaten Paser Fahmi Fadli di UWM dalam waktu dekat.

Prof. Edy Suandi Hamid menjelaskan, kerja sama tersebut meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengembangan, dan bidang pengabdian masyarakat. Kemudian, bidang sumber daya di sektor pemerintahan, hukum, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, sosial, dan budaya. Terakhir, kerja sama bidang perencanaan pembangunan, pelatihan, pendampingan, dan pembimbingan sesuai dengan tugas dan fungsi para pihak.

“Dalam membahas masalah-masalah di kabupaten Paser, kerja sama ini dikuatkan oleh kegiatan seminar workshop, fokus grup diskusi,” kata Prof Edy.

Bagi UWM Yogyakarta, kerja sama tersebut bagian dari pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam bidang kerja sama antarkelembagaan, universitas dan mitra kerja. Karena itu, kesepakatan kerja sama tersebut untuk mengaplikasikan dan meningkatkan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Paser.

“Tujuannya mengoptimal potensi sumber daya dan sumber dana dalam pengembangan kelembagaan dan pembangunan, pendidikan, pelatihan, serta pengabdian masyarakat”

Kesepakatan kerja sama itu telah dibahas dalam beberapa pertemuan pihak UWM Yogyakarta dan Kabupaten Paser di Fakultas Hukum UWM Yogyakarta. Dalam pertemuan Selasa (08/03/2022), rancangan kerja sama telah dibahas.

Kemudian FH UWM Yogyakarta dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Kabupaten Paser, Kalimantan Timur menjajaki peluang kerja sama menyiapkan format kerja sama UWM dengan Pemerintah Kabupaten dan DPRD Kabupaten Paser.

Saat itu, delegasi DPRD Kabupaten Paser Kalimantan Timur dipimpin Ketua Bapemperda  Kabupaten Paser Hamransyah, SH dan Wakil Ketua Bapemperda Indra Pardian,S.

Hamransyah menyatakan, DPRD Kabupaten Paser ingin menjalin kerja sama secara formal dalam bidang legislasi. “Kita tidak ingin peraturan daerah hanya copy paste dari peraturan kota atau kabupaten daerah lain,” ungkap Hamransyah.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.