Dorong Perkembangan Industri Fashion Lewat MUFFEST+ 2022

SOLO – Industri fashion perlahan mulai bangkit di tengah pandemi yang belum usai. Berbagai upaya terus dilakukan agar para pengusaha di bidang fashion tidak terpuruk.

Salah satunya adalah menggelar MUFFEST+ 2022 di beberapa kota, termasuk di Yogyakarta. Seperti diketahui, MUFFEST merupakan salah satu acara tahunan terbesar yang diinisiasi Indonesian Fashion Chamber (IFC) secara berkelanjutan sejak 2016. Rencananya, Fashion Show digelar pada 8-10 April 2022 di Yogyakarta dan mendapat dukungan dari banyak pihak. Termasuk Viva Cosmetics.

Direktur PT Moga Djaja (Distribusi Viva Cosmetics Indonesia Timur) Yusuf Wiharto menjelaskan, pandemi Covid-19 memang memberikan pukulan bagi industri kreatif. Sebab, beberapa subsektor kreatif seperti fashion show, film, festival musik, sampai pameran membutuhkan kerumunan dan pergerakan banyak orang yang saat ini tidak bisa dilakukan.

”Namun, kita semua harus yakin sektor kreatif akan mampu menghadapi tantangan ini dengan cara-cara yang kreatif seperti yang dilakukan MUFFEST+ 2022 ini,” kata Yusuf, Jumat (08/04/2022).

Ditambahkan, MUFFEST+ 2022 berpijak pada dorongan dari berbagai industri fashion. Terutama dari produsen busana dalam menghadapi kondisi pasca pandemi Covid-19. Tujuannya, meningkatkan nilai tambah serta kebanggaan dalam hal sosial, ekonomi, dan budaya. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi wadah presentasi sekaligus promosi bagi para produsen, pengusaha, creator fashion, UMKM, pengamat seni sampai konsumen pecinta busana Indonesia dalam dan luar nergeri.

MUFFEST+ 2022 yang mengusung tema Muslim Fashion, Muslim Lifestyle ini diharapkan sebagai ujung tombak peningkatan pendapatan daerah dan peningkatan devisa negara serta bisa membangkitkan semangat pelaku industri kreatif dan UMKM sehingga ekonomi bisa lebih terpacu. ”Kita tidak boleh menyerah oleh keadaan. Viva Cosmetics juga melakukan hal serupa. Meskipun pandemi, kami tetap berinovasi mengeluarkan produk-produk baru yang disesuaikan dengan tren market,” ungkap Yusuf.

Sebagai informasi, belum lama ini Viva Cosmetics telah meluncurkan beberapa produk baru. Selain inovasi mengeluarkan produk baru, Viva Cosmetics juga memperluas pasar dengan menjual produknya di berbagai marketplace. Mulai dari Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, JD.ID, sampai TikTok.

”Agar bisa tetap eksis, yang harus dilakukan adalah mendekatkan diri ke market anak muda, karena potensinya besar,” pungkasnya.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.