BPJS Kesehatan Kerja Sama dengan UNY dan UPN Veteran Yogyakarta

YOGYAKARTA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Sleman menjalin kerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’ Yogyakarta.

Kegiatan penandatanganan naskah kerja sama dilaksanakan di Hotel UNY oleh Direktur Utama (Dirut) BPJS Kesehatan Prof. Ali Ghufron Mukti dengan Rektor UNY Prof. Sumaryanto dan Rektor UPN Dr. Mohammad Irhas Effendi, pekan lalu (08/04/2022).

Ali Ghufron Mukti mengatakan penandatangan kerja sama tersebut untuk melibatkan pemangku kepentingan di antaranya universitas. Menurutnya, di sini tidak hanya ada dosen dan tenaga kependidikan, juga ada mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa.

“Mahasiswa tersebut juga harus merasakan bagaimana menjadi peserta BPJS yang semakin bagus,” ungkap Ali Ghufron, di sela acara.

Ditambahkan, BPJS juga menggandeng universitas untuk kegiatan inovasi, riset, dan publikasi. Bahkan BPJS juga memberikan tempat untuk Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Mahasiswa bisa belajar berbagai bidang mulai ekonomi, administrasi, kesehatan, atau olahraga.

Guru Besar Fakultas Kedokteran UGM ini juga memaparkan, BPJS Kesehatan sebagai lembaga publik ditargetkan pada 2024 memiliki peserta 98% dari seluruh penduduk Indonesia. Hal ini juga sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program JKN, di mana Presiden RI menginstruksikan kepada 30 kementerian dan lembaga untuk mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing melakukan Optimalisasi Program JKN.

Mantan Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (SDID) Kemendikbudristek ini juga menyatakan, pencitraan BPJS saat ini semakin membaik dan tidak hanya mendapat penghargaan nasional, namun juga internasional dengan didapatkannya Good Practice Award dari International Social Security Association (ISSA) yang beranggotakan 160 negara, dengan memperoleh tiga penghargaan dalam kategori Certificates of Merit with Special Mention, 11 penghargaan untuk Certificates of Merit, dan 3 penghargaan kategori Attestations.

Rektor UNY Prof. Sumaryanto menyambut baik dan mengoptimalkan kerja sama ini, termasuk bersinergi dengan UPN. Menurutnya, potensi UNY adalah memiliki 1.211 dosen, 918 tenaga kependidikan dan 37.000 mahasiswa.

Sedangkan Rektor UPN Dr. Mohammad Irhas Effendi menyebutkan, kampus yang dipimpinnya memiliki 1.200 dosen dan tenaga kependidikan, serta 17.000 mahasiswa. Ia berharap, ke depan bagi BPJS, selain akses layanan bagi dosen dan tenaga kependidikan juga ada akses bagi mahasiswa.

Dengan semakin baiknya pencitraan BPJS Kesehatan, diharapkan peserta BPJS semakin percaya diri menggunakannya. Saat inilah saat yang tepat bagi BPJS Kesehatan melakukan repositioning brand untuk meminimalisasi kepercayaan konsumen pada asuransi kesehatan asing.

Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 ini mencakup perguruan tinggi melalui Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Diinstruksikan agar memastikan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS aktif.

Capaian kepesertaan JKN-KIS di DIY mencapai 93,53% atau berjumlah 3.439.611 orang. Jumlah terbesar dari segmen Penerima Bantuan Iuran yang dibiayai pemerintah pusat atau biasa disebut sebagai segmen PBI-JK. Untuk terus meningkatkan cakupan kepesertaan, BPJS Kesehatan senantiasa menjalin sinergi dengan pemangku kepentingan.

Kerja sama yang terjalin antara BPJS Kesehatan dengan universitas tidak terbatas pada peningkatan cakupan kepesertaan. Secara luas, kerja sama tersebut dilaksanakan sebagai upaya integrasi penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi dengan Program JKN-KIS. Ruang lingkup kerja sama yang disepakati meliputi peningkatan sinergi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka serta peningkatan kapasitas SDM, penyediaan tenaga ahli, seminar, lokakarya, dan diskusi kelompok terarah.(****)

5 thoughts on “BPJS Kesehatan Kerja Sama dengan UNY dan UPN Veteran Yogyakarta

  1. It’s a shame you don’t have a donate button! I’d definitely
    donate to this superb blog! I guess for now i’ll settle for book-marking and
    adding your RSS feed to my Google account. I look forward to new updates
    and will share this site with my Facebook group. Chat soon!

  2. Wow, awesome blog structure! How lengthy have you ever been running a blog for?
    you made blogging glance easy. The full look of your website is great, as well as the content material!
    You can see similar here ecommerce

  3. Hello there! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords
    but I’m not seeing very good gains. If you know of any please share.
    Many thanks! You can read similar art here: List of Backlinks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *