Gelar Sekolah Reksa Dana untuk Pacu Literasi Investasi

Hasil Kerja Sama PT MNC Kapital Indonesia Tbk dengan BEI Kantor Perwakilan Kepulauan Riau

JAKARTA – PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) konsisten mendukung literasi pasar modal. Melalui dua anak usahanya, MNC Asset Management dan MNC Sekuritas dan bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Kepulauan Riau menggelar webinar sekolah pasar modal reksa dana. Tema yang diangkat adalah “Reksa Dana: Investasi yang Mudah dan Menguntungkan,” akhir pekan lalu, (09/04/2022).

Webinar tersebut dihadiri peserta dari berbagai latar belakang pekerjaan. Pada acara tersebut, dipaparkan materi pemahaman pasar modal serta seluk beluk investasi reksa dana. Reksa dana cocok untuk investor pemula. Alasannya, nominal investasinya terjangkau dan diversifikasi risiko yang tersedia beragam, dari terendah sampai paling tinggi.

PH. Kepala Kantor Perwakilan Kepri Bursa Efek Indonesia Indra Novita mengatakan, tingkat literasi pasar modal dimulai dari sikap bijaksana dalam pengelolaan keuangan pribadi. Menurutnya, jika semua masyarakat sudah mulai bijaksana dalam mengelola keuangan, tingkat kesadaran berinvestasi bisa semakin tinggi. Misalnya, penggunaan produk investasi reksa dana.

“Sebelum membeli reksa dana, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana profil risiko kita masing-masing sebelum mengalokasikannya,” papar Indra.

Menurutnya, salah satu instrumen investasi yang cocok bagi pemula adalah reksa dana pendapatan tetap. Melalui reksa dana pendapatan tetap, investor bisa mengalokasikan uangnya untuk kebutuhan jangka panjang.

Sementara itu, Direktur MNC Asset Management Edwin J. Sebayang yang juga menjadi narasumber dalam webinar ini mengatakan, investasi merupakan salah satu upaya agar lebih siap menghadapi masa pensiun. “Sangat bagus digelar acara ini. Penyelenggaraan webinar ini sekaligus juga sebagai upaya mendukung peningkatan literasi masyarakat tentang pasar modal, khususnya reksa dana,” imbuhnya.

Menurut Edwin, sebelum berinvestasi di reksa dana, investor harus terlebih dahulu mengenali tujuan investasi, paham risiko investasi reksa dana, dan belajar instrumen dari reksa dana. Karena itu, dengan adanya webinar tersebut diharapkan bisa menambah wawasan baru tentang reksa dana di masyarakat.

Ia mencontohkan, reksa dana pendapatan tetap adalah MNC Dana Likuid dan MNC Dana Syariah yang bisa dibeli mulai dari Rp 00.000 melalui website MotionFunds yang dapat diakses pada alamat www.motionfunds.id. (****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.