Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru UNY di Yogyakarta dan Sleman

YOGYAKARTA – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru jalur  ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri di Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman, Rabu (13/04/2022).

Secara daring, Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Prof. Margana dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan UNY sebagai kampus kerakyatan yang memiliki sejumlah keunggulan.

“UNY menempati ranking 2 perguruan tinggi negeri (PTN) Badan Layanan Umum dengan 5 Indikator Kinerja Utama tertinggi se-Indonesia,” ungkap Prof. Margana.

Selain itu, Lanjut Prof. Margana, dengan posisi 18 nasional dalam The Impact Rankings, peringkat 6 nasional dan 65 Asia versi UniRank dan peringkat 2 nasional versi QS World University Ranking by subject, UNY layak dipilih lulusan sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan Madrasah Aliyah (MA) menjadi tujuan melanjutkan studinya, sesuai tagline #UNYWae.

Kepala Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta Triana Purnamawati MM menyambut baik kegiatan tersebut, karena banyak juga warga Kota Yogyakarta yang melanjutkan pendidikannya di UNY.

Kepala Kantor Layanan Admisi UNY Dr. Setya Raharja memaparkan, UTBK tahun ini bermateri tes. Yaitu, tes potensi skolastik (TPS), bahasa Inggris dan tes kompetensi akademik (TKA) dengan kelompok ujian saintek, soshum, dan campuran.

“Tes dilaksanakan dalam 2 gelombang, 14 hari dan 28 sesi dengan 2 sesi setiap hari pada bulan Mei – Juni,” papar Setya Raharja.

Hasil tes UTBK tersebut akan diberikan pada setiap peserta secara individu bukan kolektif. Sedangkan tahapan pendaftarannya, siswa harus terlebih dahulu memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi  (LTMPT) dan dapat diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK sederajat tahun 2020, 2021, dan 2022 atau lulusan Paket C tahun 2020, 2021, dan 2022 dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2022.

Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan UNY ini mengingatkan pada peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Pokja Bidang Akademik UNY Dr. Gunadi mengatakan, UNY juga memiliki jalur seleksi mandiri yang tidak hanya bagi calon mahasiswa jenjang S1 namun juga D4.

“Seleksi mandiri UNY membuka jalur lewat prestasi akademik, prestasi unggul, prestasi olahraga unggul, talent scouting, skot UTBK, CBT kampus, dan CBT domisili,” imbuh Gunadi.

Menurutnya, daya tampung jenjang S1 tahun ini UNY menerima sekitar 5.834 mahasiswa dengan rincian 1.752 jalur SNMPTN, 2.334 jalur SBMPTN dan 1.748 jalur seleksi mandiri.  Sedangkan daya tampung jenjang D4 sejumlah 970 orang yang terbagi atas 720 orang di Kampus Wates dan 250 orang di Kampus Gunungkidul.

Dosen Fakultas Teknik UNY ini menginformasikan, tahun ini UNY membuka prodi baru yaitu Teknik Industri dengan daya tampung 40 orang dan hanya terdapat pada jalur seleksi mandiri.

Kegiatan diikuti sebanyak 60 kepala sekolah SMA, SMK, MA negeri, dan MA swasta di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman.

Salah seorang peserta, Nurlatifah mengatakan, kegiatan ini bermanfaat, karena bisa mengetahui lebih dalam tentang cara masuk pergutun tinggi negeri terutama lewat jalur SBMPTN.

Kepala Sekolah SMKN 1 Cangkringan ini berharap,  agar UNY sudi terjun langsung ke sekolah untuk memberikan sosialisasi pada siswa karena di sekolah telah ada yang mengurusi lulusan melalui bursa kerja khusus atau BKK.(****)

2 thoughts on “Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru UNY di Yogyakarta dan Sleman

  1. I’m no longer certain the place you are getting your information, but good topic.
    I must spend some time finding out much more or
    understanding more. Thank you for wonderful information I used to be looking for
    this info for my mission.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *