Acara Gowes Para Rektor Jadi Ajang Syawalan dan Reuni Akbar

YOGYAKARTA – Olahraga bersepeda cukup popular di semua kalangan di Yogyakarta. Termasuk di kalangan pemangku kebijakan pendidikan dan penyelenggara pendidikan tinggi (PT) di Yogyakarta. Mereka cukup menggemari olahraga yang sering disebut dengan gowes tersebut.

Bahkan, penyelenggaraan Gowes Para Rektor mencatatkan rektor peserta terbanyak sepanjang penyelenggaraan ajang tersebut. Pada Gowes putaran ke-5, peserta gowes mencapai 100 goweser. Ini menandakan peminat gowes rektor makin banyak.

Tidak hanya para rektor yang menjadi goweser. Terdapat pula Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V drh. Aris Junaidi, Ph.D, dan para mantan Koordinator Kopertis V, seperti Prof. Dr. Ir. Budi Santoso Wignyosukarto, Dip.HE, Bhimo Widyo Andoko SH MH, Prof Didi Ahjari, serta Prof Bambang Supriyadi.

Gowes Para Rektor yang diadakan hari Minggu (22/05/2022) menyusuri rute seputar Yogyakarta sepanjang 19 km, Mereka berangkat dari kantor LLDikti V Yogyakartadi Jalan Tentara Pelajar Yogyakarta. Kali ini, Ketua LLDikti Prof Aris Junnaidi lah yang memberangkatkan para goweser.

Selanjutnya, para goweser bersepeda menuju ke Jalan Magelang dan melanjutkan rute ke kampus STIA AAN, STIMARYO. Para goweser dengan semangat melanjutkan perjalanannya, menyusuri jalan menuju kampus SBI, STIE YKPN, ITNY, UAJY, hingga UKDW.

Pada kampus tertentu, para goweser berhenti sejenak menikmati kudapan ringan yang disedikan masing-masing pengelola kampus. Kemudian mereka melanjutkan etape-etape berikutnya sampai ada persinggahan terakhir di IST Akprind.

Gowes tersebut bertepatan dengan bulan Syawal. Karena itu, Kepala LLDikti dan para rektor pada persinggahan terakhir di kampus Akprint menjadikan forum itu sebagai kesempatan untuk syawalan sekaligus reuni akbar.

Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec sebagai Ketua goweser menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri dan mendoakan para kolega yang menjalani puasa selama Ramadan 1443 H/2022 M serta ibadah lainnya diterima Allah Swt.

“Dengan ini saya mengucapkan selamat Idul Fitri, maaf lahir batin, taqabbalalhu minna waminum,” kata Prof Edy Suandi, usai tiba di finish.

Ia melanjutkan, Gowes Para Rektor tersebut semakin mengukuhkan eksistensi para penyelenggara pendidikan dan dan asosiasi-asosiasi perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) dan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Islam (Aptisi) Prof. Fathul Wahid menyatakan, silaturahmi gowes ini sangat membumi dan terus meluaskan jejaring di kalangan penyelenggara perguruan tinggi.

“Saya sangat respek dengan gowes ini, karena ajang olahrga ini bisa mempertemukan para tokoh pendidikan. Suatu kenyataan luar biasa ketika lima koordinator Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V bisa bergabung di gowes. Saya meyakini, guyupnya gowes adalah bagian dari proses menciptakan Jogja Berhati Nyaman,” papar Prof. Fathul Wahid.

Gowes putaran berikutnya dijadwalkan pada 23 Juli 2022 dengan tuan rumah Universitas Islam Indonesia (UII).  Kemudian, STTKD menjadi tuan rumah pada gowes bulan September 2022.

Tuan rumah Gowes 5, Rektor IST Akprint Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom menyatakan, gowes ini menjadi forum yang sangat kondusif untuk bersinergi dan berkolaborasi antarperguruan tinggi.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.