Siap Dilibatkan dalam Sistem MLFF Karena Miliki Jaringan Komunikasi di Seluruh Ruas Jalan Tol

JAKARTA – Operator telekomunikasi bisa terlibat dalam penerapan sistem pembayaran jalan tol nontunai nirsentuh alias multi lane free flow (MLFF). Bahkan, PT XL Axiata Tbk (EXCL) tertarik untuk terlibat mengingat potensi yang ada.

Sebagai diberitakan, proyek MLFF yang bernilai Rp 4,4 triliun tersebut akan melibatkan sejumlah pelaku usaha. Mulai dari penyedia sistem, operator jalan tol, sistem pembayaran, hingga operator telekomunikasi.

PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) selaku badan usaha pelaksana electronic toll collection yang memenangkan tender skema MLFF akan menyiapkan aplikasi bernama Cantas. Nantinya, melalui aplikasi tersebut akan memasukkan sistem electronic on board unit (e-OBU). Dengan adanya sistem transaksi nontunai nirsentuh yang akan tertanam melalui aplikasi Cantas, RITS berencana menggandeng perusahaan telekomunikasi.

Meski begitu, XL Axiata belum banyak berkomentar soal rencana kerja sama dengan RITS dalam mendukung penerapan MLFF di jalan tol Indonesia tersebut.  Alasannya, mereka masih melakukan pengecekan di internal mengenai hal tersebut.

Namun, Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan, pada prinsipnya XL Axiata siap mendukung penerapan sistem MLFF melalui penyediaan infrastruktur jaringan penunjang yang sesuai dengan kebutuhan yang ada.

“XL Axiata juga siap menyesuaikan diri dengan kebijakan pemerintah dalam mendukung sistem MLFF,” tegas Tri Wahyuningsih, Senin (23/5/2022).

Ditambahkan, manajemen XL Axiata juga memastikan seluruh jaringan telekomunikasi XL Axiata telah tersedia di seluruh ruas tol yang sudah beroperasi di Indonesia. “Hampir semua jaringan kami sudah ter-cover dengan 4G,” imbuhnya.

Kalau tidak ada aral melintng, penerapan sistem MLFF baru akan direalisasikan pada tahun 2024 mendatang. Sebelum itu, rencananya akan ada uji coba penerapan sistem MLFF di 40 ruas tol Indonesia pada tahun 2022.(****)

2 thoughts on “Siap Dilibatkan dalam Sistem MLFF Karena Miliki Jaringan Komunikasi di Seluruh Ruas Jalan Tol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *