Masuki Usia 27 Tahun, Telkomsel Buka Peluang Kemajuan Ekosistem Digital Indonesia

JAKARTA –Telkomsel memasuki usia ke-27 tahun pada Mei 2022 ini. Sebagai perusahaan telekomunikasi, Telkomsel konsisten menghadirkan perubahan yang berdampak positif bagi bangsa.

Menjawab berbagai tantangan yang muncul seiring berkembangnya zaman, Telkomsel memperkuat komitmennya untuk menjadi yang terdepan mendampingi kemajuan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi terbarukan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Telkomsel mewujudkan komitmen tersebut dengan membuka peluang yang lebih luas bagi masyarakat untuk mengoptimalkan potensi di berbagai aspek kehidupan. Melalui keandalan tiga pilar digitalnya, yakni sebagai penyedia Digital ConnectivityDigital Platform, dan Digital Service, Telkomsel menegaskan kehadirannya dengan memberikan ragam solusi dan inovasi produk dan layanan terbaik bagi masyarakat.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, Telkomsel mengapresiasi setinggi-tingginya pada masyarakat Indonesia yang selama 27 tahun memberikan kepercayaan kepada Telkomsel untuk mendampingi mereka menjalani setiap fase kehidupannya.

“Telkomsel terus hadir melalui beragam solusi dan perubahan nyata yang mendukung masyarakat untuk bergerak maju. Terutama saat menghadapi tantangan pada masa pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir. Tahun ini, masih dengan semangat yang sama untuk memajukan ekosistem digital Indonesia, Telkomsel memastikan akan terus menghadirkan lebih banyak solusi inovatif melalui pemanfaatan teknologi digital terkini yang diaktualisasikan dalam pengembangan produk dan layanan digital yang komprehensif melalui beragam inisiatif kolaborasi, dalam rangka memenuhi kebutuhan komunikasi dan digital lifestyle masyarakat yang terus berkembang,” kata Hendri Mulya, Jumat (27/5/2022).

Hendri Mulya meneruskan, beragam peluang yang terus diciptakan melalui terobosan dan pemanfaatan teknologi terkini merupakan salah satu komitmen Telkomsel membangun kepercayaan pelanggan. Kini, berkat kepercayaan yang diberikan, Telkomsel tumbuh dan terus hadir mendampingi seluruh pelanggan. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pelanggan yang mencapai 175 juta pelanggan. Demikian pula, pembangunan infrastruktur broadband terdepan mencapai 247.000 BTS, yang sebagian besar sudah terhubung teknologi broadband 4G/LTE dengan jangkauan lebih dari 96 persen wilayah populasi di Indonesia.

“Kepercayaan pelanggan turut berdampak pada transformasi Telkomsel dan peningkatan bisnis digitalnya yang mampu berkontribusi lebih dari 79 persen dari total pendapatan perusahaan. Capaian ini sekaligus menegaskan komitmen Telkomsel untuk bertumbuh dan berkembang mendorong penguatan kapabilitas dari new engine growth beyond connectivity,” tegasnya.

Semangat Telkomsel untuk terus bertumbuh dan berkembang mendampingi masyarakat dalam melalui berbagai tantangan di setiap fase kehidupan, tergambar melalui logo perayaan ulang tahun ke-27 dengan desain yang terus mengusung semangat ‘Buka Semua Peluang’. Telkomsel mempersembahkan desain tersebut bersamaan dengan empat pilar komitmen kemajuan yakni progress, transformation, collaboration, dan expansion.

Pada pilar progress, Telkomsel menggariskan upaya berkelanjutan agar tetap relevan dengan berbagai perubahan di masyarakat yang berdampak positif pada keberlangsungan bisnis. Telkomsel konsisten menghadirkan produk dan layanan yang customer-centric. Tahun lalu, Telkomsel menggabungkan seluruh brand prabayar (simPATI, Kartu As dan Loop) menjadi brand Telkomsel PraBayar. Telkomsel juga mengembangkan produk baru untuk menyentuh segmen pelanggan yang lebih luas, seperti Telkomsel Orbit untuk menyentuh segmen keluarga.

Pada pilar transformation, Telkomsel ingin menegaskan kembali peta jalan transformasi perusahaan yang diusung dalam beberapa tahun terakhir. Yakni, bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia. Komitmen ini secara konsisten diwujudkan dengan menghadirkan beragam inovasi, solusi layanan, dan platform berbasis digital, mulai dari layanan Digital Lifestyle (MAXstream, LangitMusik, Dunia Games), super app MyTelkomsel, Mobile Financial Services (LinkAja), Digital Banking (Telkomsel redi), Digital Advertising (TADEX, Location Based Advertising dan lain sebagainya), solusi digital UMKM (99% Usahaku), solusi bisnis untuk segmen enterprise (CloudX, NB-IoT, FleetSight Management dan lainnya) hingga yang terbaru solusi pembiayaan buy now pay later/BNPL (Telkomsel Paylater).

Pada pilar collaboration, Telkomsel konsisten menjadikan kolaborasi sebagai salah satu landasan pengembangan perusahaan di tengah iklim industri telekomunikasi yang semakin dinamis. Melalui prinsip tersebut, Telkomsel sukses menjalin sinergi strategis dalam mengembangkan berbagai solusi dan inovasi layanan lintas industry. Seperti bersama pelaku industri perbankan (BCA, BNI, Bank Mandiri dan lainnya), pelaku bisnis digital (Gojek, LinkAja, Tokopedia, Ruangguru, dan lainnya), hingga menjalin skema coopetition bersama penyedia platform Over The Top/OTT (HBO GO, Disney+ Hotstar, Netflix dan lain sebagainya).

Kolaborasi tersebut dibangun Telkomsel dengan menjalankan sejumlah strategic investment seperti melalui anak perusahaan yang  bergerak di bidang corporate venture, yakni Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang mendanai dan bersinergi dengan beberapa startup seperti Kredivo, PrivyID, Gojek, Halodoc, SiCepat, Roambee dan lain sebagainya.

Terakhir dalam pilar expansion, guna memastikan keberlanjutan peta jalan transformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital, Telkomsel meluncurkan sejumlah inisiatif yang mempertegas langkah perusahaan untuk mengembangkan bisnis di industri digital. Ini ditunjukkan melalui pembentukan anak perusahaan baru dengan identitas brand perusahaan: INDICO.

Memiliki fokus utama meningkatkan inovasi digital yang customer-centric, INDICO mengambil posisi sebagai digital powerhouse yang dapat memperluas kapabilitas Telkomsel selain di bisnis konektivitas dengan menciptakan flywheel effect innovation dalam mengembangkan solusi digital lintas sektor melalui pemanfaatan aset dan kapabilitas teknologi telekomunikasi.

Pada tahap awal pengembangannya, INDICO menjadi holding company bagi tiga anak perusahaan dari portofolio bisnis vertikal Telkomsel yang berkembang di sektor digital, yakni kesehatan (health-tech) melalui layanan aplikasi Fita, pendidikan (edu-tech) melalui layanan aplikasi Kuncie, dan sektor mobile gaming melalui anak usaha Majamojo.

Peran INDICO sebagai digital initiative enabler & orchestrator sangat vital untuk membuka jalan dan mengawal potensi besar ketiga anak usaha tersebut dalam mendorong perekonomian digital nasional.

Hendri  menambahkan, transformasi Telkomsel hingga di usia 27 tahun saat ini didukung aset perusahaan yang paling utama. Yakni sumber daya manusia (SDM) atau karyawannya. Telkomsel secara berkelanjutan berupaya memastikan peningkatan kapabilitas digital karyawan, baik secara teknis, maupun dari sisi integritas.

Dengan sejumlah program internal yang terukur dan terencana, seperti melalui program TINC Polaris dan Transformational Expert Development (TED) Academy, Telkomsel berharap hadirnya inovasi dari karyawan memberikan kontribusi bagi penguatan ekosistem digital hingga menjadi lebih inklusif dan berkelanjutan.

Mengapresiasi seluruh pelanggan setia, Telkomsel dalam waktu dekat akan menggelar sejumlah kegiatan dan program spesial. Di antaranya, Customer Day dan Telkomsel Awards 2022. Customer Day 2022 merupakan program spesial yang dipersembahkan pada pelanggan Telkomsel yang diselenggarakan di Kota Bandung, Surabaya, Palembang, dan Makassar.

Sementara Telkomsel Awards 2022 dihadirkan Telkomsel untuk memberikan apresiasi pada para insan yang menginspirasi melalui karya dan prestasi, seperti di bidang musik, film, dan esports, yang diharapkan mendorong semangat baru agar terus konsisten berkontribusi memberikan dampak positif bagi bangsa.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.