UNY Tandatangani Kesepakatan Kerja Sama dengan Pemkab Gunungkidul

YOGYAKARTA – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul sepakat bekerja sama dan akan melaksanakan tridharma perguruan tinggi. Kesepakatan tersebut diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepakatan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul Drajat Ruswandono, MT dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY Prof. Siswantoyo, di Ruang Handayani Kantor Bupati Gunungkidul, Selasa (7/6/2022).

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY Prof. Siswantoyo mengatakan, UNY memiliki kampus vokasi dan berada di Gunungkidul. Di kampus tersebut, diharapkan mampu menghasilkan generasi terampil dan unggul.

“Dengan luas lahan 4 hektar, UNY Kampus Gunungkidul berdampak meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitarnya,” ungkap Prof Siswantoyo.

Ia mengakui, dukungan Pemkab Gunungkidul cukup banyak. Karena itu, UNY berkomitmen akan berkontribusi dalam wujud tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, pengajaran, dan pengabdian masyarakat.

Tidak hanya itu saja, bahkan UNY memiliki program pendidikan yang bisa disinergiskan dengan Kabupaten Gunungkidul. Yakni, menguliahkan aparat desa melalui program rekognisi pembelajaran lampau seperti yang dilakukan Bupati Bojonegoro.

Ia berharap, dengan kesepakatan yang ditandatangani tersebut bisa diimplementasikan dengan prinsip ngaruhke, ngewangi, dan ngopeni menuju keunggulan masing-masing.

Sekda Gunungkidul Drajat Ruswandono, MT mengapresiasi komitmen UNY membuka akses pendidikan bagi masyarakat Gunungkidul. “Keterbukaan akses pendidikan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” kata Drajat.

Ia melanjutkan, masyarakat smakin menyadari pentingnya sarana prasarana pendidikan sebagai respons atas peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Terutama generasi muda agar mampu menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompetitif. Kerja sama yang sudah terjalin selama ini dirasakan manfaatnya bagi Gunungkidul. Di antaranya, peningkatan indek pembangunan manusia yang diharapkan bisa mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Gunungkidul.

Kepala Bagian Pemerintahan Sekda Gunungkidul Drs. Witanto mengatakan, latar belakang kesepatakan tersebut karena Pemkab Gunungkidul memiliki kewajiban mempercepat kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan pelayanan masyarakat di Gunungkidul.

“Nota kesepakatan ini untuk membuat komitmen bersama dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi di Gunungkidul,” tegasnya.

Kerja sama tersebut ditandai penandatanganan nota kesepakatan antara UNY dan Kabupaten Gunungkidul dan pertukaran cenderamata. Kegiatan diakhiri diskusi intensif antara UNY dengan Pemkab Gunungkidul tentang proses belajar mengajar seperti sarana prasarana yang tersedia. Juga dibicarakan mengenai studi lanjut pegawai pemkab dan kemungkinan pembukaan jenjang S2 di Kampus UNY Gunungkidul.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.