Hasil Kompetisi P4 Diumumkan, KemenKop & UKM Masuk Kategori Terbaik Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik

JAKARTA – Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) ke-4 tahun 2022 berakhir dengan pengumuman hasilnya. Pada kompetisi tersebut,

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop & UKM) masuk dalam Top 51 instansi dari 434 proposal instansi yang dinilai dan dievaluasi. Karenanya, Kemenkop & UKM berhak menerima penghargaan sebagai salah satu peserta terbaik ajang tersebut.

Instansi peserta Kompetisi P4 sendiri terdiri dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah (provinsi, kabupaten, dan kota), badan usaha milik negara (BUMN), badan usaha milik daerah (BUMD), serta unit penyelenggara pelayanan publik (UPP).

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) Arif Rahman Hakim mengungkapkan, piagam penghargaan pada instansi tempat dia bekerja merupakan salah satu peserta terbaik dalam Kompetisi P4.

“Penghargaan ini menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan pelayanan kami terhadap publik, khususnya masyarakat koperasi dan UKM di seluruh Indonesia,” ungkap Arif usai menerima penghargaan dari panitia di Hotel Ritz Carlton Jakarta, beberapa hari yang lalu.

Pada kompetisi P4 tersebut, lanjut Arif, ada tiga kategori yang diperlombakan. Yaitu, outstanding achievement (kategori yang diikuti untuk pemenang pada kompetisi tahun sebelumnya), Instansi Pemerintahan (IP) Umum, serta kategori UPP.

Sementara itu, ToP 51 instansi terbaik terdiri dari 6 instansi pada kategori outstanding achievement, 30 instansi pada kategori IP Umum, serta 15 instansi pada kategori UPP. “Kementerian Koperasi dan UKM sendiri ikut dalam kategori IP Umum dan menjadi salah satu dari 30 instansi terbaik pada kategori tersebut,” katanya.

Kompetisi P4 telah dilaksanakan sebanyak empat kali, mulai tahun 2018, 2019, 2020, hingga 2021. Kompetisi P4 tahun 2021 mengalami kemunduran jadwal sehingga baru bisa dilaksanakan tahun 2022 ini.

Kompetisi P4 bertujuan menjaring, menyeleksi, melakukan penilaian, dan pemberian penghargaan kepada penyelenggara pelayanan public, baik di lingkungan kementerian/lembaga, pemerintah daerah (provinsi/kabupaten/kota), badan usaha milik negara (BUMN), serta badan usaha milik daerah (BUMD), serta UPP dalam melakukan pengelolaan layanan pengaduan melalui media sistem lapor.go.id atau media konvensional, seperti whatsapp, email, atau call center.

Kompetisi P4 ke-4 tahun 2022 berkat kolaborasi bersama antara Kementerian PAN dan RB, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kominfo, Ombudsman RI, serta Kantor Staf Presiden (KSP), bekerja sama dengan lembaga donor seperti KOICA (Korea International Cooperation Agency) dan UNDP atau United Nations Development Program. (****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.