Indonesia Perlu Rebut Peluang Investasi Stategis Seiring Permintaan Semikonduktor Dunia

JAKARTA – Era industri 4.0 berkembang cukup masif. Bersamaan dengan itu, kebutuhan chip semikonduktor terus bertumbuh.

Melihat hal tersebut, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan permintaan semikonduktor terus meningkat. Karena itu, Menperin melihat peluang investasi yang stategis untuk direbut.

“Permintaaan semikonduktor yang meningkat ini merupakan peluang investasi yang strategis. Indonesia perlu merebut peluang tersebut,” tegas Menperin Agus di Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Menperin melanjutkan, Indonesia merupakan pasar yang besar bagi produk elektronika. Karena itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memacu tumbuhnya industri semikonduktor. Langkah tersebut diyakini akan memperkuat struktur manufaktur di dalam negeri, sehingga bisa lebih berdaya saing.

“Adanya perkembangan perangkat telekomunikasi dan otomotif, khususnya kendaraan listrik (electrical vehicle/EV), serta digitalisasi di banyak sektor, semakin membuka kesempatan bagi industri semikonduktor,” tegasnya.

Ia optimisitis, pengembangan industri semikonduktor di tanah air bisa diakselerasi. Ia memberi contoh dengan bergabung ke dalam ekosistem industri semikonduktor dunia dan memasuki rantai pasok chip global. Tentu saja, semua itu bisa dilakukan melalui kerja sama dengan negara pemain chip global. Salah satunya dengan Jerman.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.