Pada Ajang London Tech Week 2022, Telkom Pamerkan Solusi Smart City  

JAKARTA – London Tech Week merupakan acara tahunan dan event teknologi terbesar Inggris yang dihadiri lebih dari 20 ribu peserta. Mereka adalah para pemimpin pemerintahan dan perusahaan global, perusahaan rintisan, investor, modal ventura, hingga perusahaan teknologi.

Sebagai perusahaan kelas dunia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) juga tidak mau ketinggalan berpartisipasi dalam pesta tersebut. Bahkan, Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid ikut memberikan paparan terkait peran Telkom dalam mendukung terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan melalui solusi Smart City khususnya di Indonesia. Ini dilakukan pada saat sesi peluncuran Handbook Smart Cities for Indonesia.

Hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid tersebut, perwakilan Department for International Trade UK Government dan ARUP, perusahaan multinasional Inggris yang bergerak di bidang konstruksi, arsitektur, dan desain interior.

Menurut Fajrin, Indonesia merupakan negara dengan potensi ekonomi digital yang sangat besar. Hal ini didukung penggunaan internet di Indonesia yang tumbuh pesat. Bahkan, menjadi tertinggi di Asia Tenggara.

“Transformasi digital menjadi komponen yang memainkan peran penting untuk pembangunan Indonesia yang berkelanjutan ke depannya. Digitalisasi Indonesia mendorong peningkatan produktivitas nasional, membuka lebih banyak peluang kerja, menciptakan efisiensi dan layanan yang lebih baik, serta meningkatkan akses masyarakat untuk mendapatkan layanan terbaik,” jelas Fajrin.

Lebih lanjut Fajrin meneruskan, Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi pelat merah tentunya mendukung penuh upaya pemerintah, khususnya dalam mendorong digitalisasi di berbagai aspek. Dengan infrastruktur yang andal dilengkapi produk dan layanan yang beragam, Telkom hadir menciptakan lingkungan digital, mengembangkan masyarakat digital, dan mengakselerasi ekonomi digital melalui tiga domain. Yaitu, connectivity, platform, dan services.

Salah satu dukungan digitalisasi yang diberikan Telkom adalah solusi Smart City untuk kota dan kabupaten di Indonesia. Ini merupakan salah satu dari digital services yang dikembangkan.

Smart City adalah solusi yang ditawarkan Telkom untuk mengakselerasi kota dan kabupaten menjadi kawasan yang cerdas dan modern. Ada pilar utama dalam pengembangan Smart City Telkom. Di antaranya, Smart Infrastructure, Smart Integrated City Ecosystem Management, dan Smart Solution.

“Solusi Smart City Nusantara yang dirancang Telkom tengah diimplementasikan pada pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Selain menyediakan layanan konektivitas terbaik, Telkom Group juga akan menghadirkan solusi digital terbaik melalui pembangunan Intelligent Data Center dengan Smart & Intelligent Network Security sehingga mendorong terwujudnya IKN Nusantara menjadi smart city dengan layanan digital terbaik dan tingkat keamanan siber yang tinggi,” imbuh Fajrin.

Selain jadi pembicara saat event London Tech Week, Fajrin yang didampingi Vice President Digital Business Strategy and Governance Telkom Riza A. N. Rukmana juga melaksanakan pertemuan bilateral dengan Managing Director Singapore Economic Development Board Jacqueline Poh dan Head of Strategy Startup Genome Stephan Kuester.

Pada pertemuan tersebut, Telkom berdiskusi dan menjajaki peluang kerja sama di bidang agrikultur dan ekosistem startup.

Fajrin juga berkesempatan bertatap muka dengan Staf Khusus Perdana Menteri Inggris Urusan Bisnis Danielle Dove di Kantor PM Inggris Downing Street No.10. Pertemuan yang berlangsung di ruangan Margareth Thatcher tersebut, dimanfaatkan Fajrin untuk menyampaikan aspirasi dan harapan agar para investor Inggris bisa melihat Indonesia dengan segala potensi besarnya.

“Kegiatan London Tech Week 2022 menjadi momen dan peluang yang baik Telkom untuk memperkenalkan kekuatan Telkom dan Indonesia ke publik internasional. Telkom sangat terbuka dengan berbagai kolaborasi dengan potential partner maupun investor. Semoga partisipasi Telkom dalam kegiatan ini membuahkan hasil yang baik untuk pengembangan bisnis digital perusahaan,” kata Fajrin.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.