UWM Yogyakarta dan NIU AS Sepakat Kerja Sama  Kembangkan Pendidikan Bagi Semua Kalangan

YOGYAKARTA – Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta mengembangkan model penyelenggaraan pendidikan yang terjangkau oleh semua kalangan. Tidak sendirian, kesamaan visi dalam mengembangkan pendidikan untuk semua tersebut seiring dengan visi Northern Illinois University (NIU) Amerika Serikat.

Kesamaan visi dua universitas tersebut terungkap saat dialog UWM dan NIU menjelang kedua pihak menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) kerja sama akademik di ruang sidang rektorat UWM.

Penandatanganan tersebut merupakan perwujudan dari pembicaraan yang dilakukan sejak April lalu dan merupakan langkah pertama perwujudan kerja sama antara UWM dengan NIU.

Penadatanganan kerja sama dilakukan Rektor UWM Yogyakarta Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec, dan Dean of College of Liberal Arts and Sciences  Robert Brinkman, Ph.D, Senin (20/6/2022). Hadir dalam acara tersebut, Wakil Rektor I UWM Dr. Jumadi, Wakil Rektor III Puji Qomariyah, S.Sos, M.Si (daring), Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UWM Dr. As Martadani Noor, dan Dekan Fakultas Sain dan Teknologi UWM Prof. Ambar Rukmini, Sekretaris Yayasan Mataram Yogyakarta Dr. (can) Inge Gunawan. Sementara dari pihak NIU, ikut hadir Prof. Kheang Un, dan Eric Jones, Ph.D.

Kerja sama UWM dan NIU menyangkut pertukaran akademik. Kedua pihak menyebut beberapa bentuk kerja sama yang akan ditindaklanjuti, antara lain pertukaran dosen dan mahasiswa, riset bersama, serta bidang lain yang terkait pengembangan pendidikan.

Rektor UWM Yogyakarta Prof Edy Suandi Hamid menyampaikan respek NIU sebagai universitas yang sangat popular di kawasan Amerika Serikat mengajak kerja sama dengan UWM Yogyakarta. Kesempatan tersebut menjadi langkah besar UWM Yogyakarta untuk menjadi bagian dari dasar pengembangkan pendidikan dan peningkatan kualitas pendidikan melalui kerjasama yang saling menguntungkan antara UWM Yogyakarta dan NIU Amerika Serikat.

“Kita bisa bekerja sama atau kolaborasi antara UWM and NIU dalam bidang kemahasiswaan, riset, dan bentuk kerja sama lainnya. UWM memerlukan dukungan dari NIU untuk mengembangkan dan mendorong kampus ini menjadi lebih besar dan maju,” ungkap Rektor Prof Edy Suandi.

Wakil Rektor I UWM Yogyakarta Dr. Jumadi menyatakan, UWM Yogyakarta didedikasikan pendiri kampus Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX dan HB X untuk memberi alternatif pendidikan, yang biayanya terjangkau semua kalangan dan lulusannya memiliki karakter budaya adiluhung.

“Visi misi UWM juga memberikan alternatif pendidikan di Indonesia. Dalam arti bahwa semua mahasiswa bisa menikmati pendidikan dengan biaya terjangkau,” ujar Dr Jumadi.

Sementara itu, Robert Brinkman menyatakan NIU memiliki Pusat Studi Asia Tenggara dan sejumlah studi yang berkaitan dengan ke-Indonesiaan. Kerja sama dengan universitas di Indonesia menjadi penting.

“Saat ini, beberapa alumni NIU menjadi pejabat-pejabat penting di Indonesia,” kata Robert sembari menyebut nama alumni Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kerja sama dengan UWM Yogyakarta, lanjut Robert, terdapat alasan penting lain terkait penyelenggaraan pendidikan untuk semua kalangan. “UWM memiliki misi yang indah dan logis seperti NIU. Kita memiliki nilai yang sama, di mana NIU memiliki banyak mahasiswa yang datang dari keluarga yang tidak pernah memiliki kesempatan mengenyam pendidikan tinggi sebelumnya. Di antara mereka termasuk dari keluarga yang menjadi korban pandemic Covid-19,” katanya.(****)

8 thoughts on “UWM Yogyakarta dan NIU AS Sepakat Kerja Sama  Kembangkan Pendidikan Bagi Semua Kalangan

  1. I have been exploring for a little bit for any high quality articles or weblog posts in this kind
    of area . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this site.

    Studying this information So i am happy to express that I’ve a very just right uncanny feeling I found out just what I needed.

    I most for sure will make sure to do not
    put out of your mind this web site and provides it a
    glance on a relentless basis.

  2. Have you ever thought about including a little bit more than just
    your articles? I mean, what you say is valuable and all.
    However imagine if you added some great photos or video clips to give your posts more, “pop”!
    Your content is excellent but with pics and videos, this website could certainly be one of the most beneficial in its field.
    Awesome blog!

  3. hi!,I love your writing very so much! proportion we keep up a correspondence extra approximately your article on AOL?
    I need a specialist in this area to unravel my problem.
    Maybe that’s you! Taking a look ahead to look you.

  4. Hi, i read your blog from time to time and i own a similar one and i was just curious if you
    get a lot of spam feedback? If so how do you stop it, any plugin or anything you can advise?
    I get so much lately it’s driving me mad so any support
    is very much appreciated.

  5. Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it.
    Look advanced to far added agreeable from you! However, how could we communicate?

  6. I am not sure where you are getting your information, but great topic.

    I needs to spend some time learning more or understanding more.

    Thanks for magnificent information I was looking for this info for my mission.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *