Bank Mandiri Taspen Gelar Pelatihan untuk Nasabah Pensiunan

Nasabah pensiunan diedukasi dan dibantu untuk tetap produktif dan menjadi wirausaha mandiri

MEDAN – Dalam upaya membantu para pensiunan tetap sehat dan produktif, PT Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) khususnya di wilayah Sumatera Utara, sepanjang pekan ini menggelar serangkaian program pelatihan bagi nasabah pensiunan di cabang Medan dan Pematang Siantar. Menurut Distribution Head 1 Wilayah Sumatera Bank Mantap Tiara Mayasari, rangkaian kegiatan tersebut merupakan wujud nyata dan implementasi dari program tiga pilar Mantap Indonesia, yang menjadi pedoman Bank Mantap dalam melayani nasabah pensiunan yang telah dilaksanakan oleh perseroan sejak tahun 2017.

Sejumlah program pelatihan yang diberikan, diantaranya adalah pelatihan budidaya tanaman dengan sistem hidroponik. Nasabah pensiunan juga mendapat pelatihan teknik budidaya jamur tiram yang bernilai ekonomi tinggi, yang bisa memberikan potensi penghasilan bagi nasabah. Nasabah juga akan diajak berkunjung ke Deli Serdang dan Tebing Tinggi, untuk melihat langsung ke sentra perkebunan hidroponik dan jamur tiram.

“Pelatihan ini bertujuan agar nasabah pensiunan tetap sehat dan memiliki keterampilan menanam sayuran secara mandiri di halaman rumah. Sehingga nasabah pensiunan dapat tetap produktif dan berpotensi mendapat penghasilan,” ucap Distribution Head 1 Wilayah Sumatera Bank Mantap Tiara Mayasari, Senin (11/7/2022).

Kepala Cabang Bank Mantap Medan Edi Kusnaedi menyatakan, selain pelatihan budidaya tanaman, Bank Mantap juga memberikan pelatihan tips memulai wirausaha kepada para nasabah. Pelatihan ini mendatangkan pembicara yang sukses memulai usaha pasca pensiun. Tujuannya, agar para nasabah pensiunan yang selama bertahun-tahun menjadi aparatur sipil negara maupun karyawan swasta, bisa segera membuka usaha dengan menggunakan modal secukupnya yang bersumber dari tunjangan pensiunan yang diterima.

“Harapan kami, nasabah pensiunan Bank Mantap dapat memulai usaha, sesuai dengan kemampuan mumpuni dan modal dari tunjangan pensiunnya,” ucap Edi.

Bagi nasabah pensiunan yang memiliki hobby kuliner, Bank Mantap juga memberikan pelatihan membuat beragam jenis kue. Pelatihan ini bekerjasama dengan sejumlah pihak yang berkompeten, sehingga nasabah dapat langsung mempraktekkan keterampilannya di lokasi yang ditentukan.

“Seluruh pelatihan tersebut, rencananya akan dilaksanakan di cabang Medan dan Pematang Siantar, dan masing-masing pelatihan akan diikuti oleh puluhan nasabah. Pelatihan ini adalah wujud nyata atas komitmen kami agar para nasabah pensiunan tetap sehat dan produktif, kendati sudah tidak lagi bekerja secara formal,” tutup Tiara.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.