Telkomsel Ucapkan ‘Selamat Tinggal’ Jaringan 3G di 34 Kota/Kabupaten Jawa Tengah dan DIY

SEMARANG –  Setelah melayani pelanggan dari tahun 2006, jaringan 3G Telkomsel akan dihentikan. Untuk menikmati internet Telkomsel, pelanggan akan dilayani dengan jaringan 4G/LTE yang mempunyai kualitas lebih baik.

Langkah tersebut sesuai arahan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI untuk pengkajian penghapusan layanan 3G dengan tetap mempertimbangkan kesiapan layanan 4G/LTE yang merata serta memperhatikan kepentingan masyarakat secara umum.

General Manager Consumer Sales Region Jawa Tengah and DIY Kuntum Wahyudi mengatakan, langkah tersebut  merupakan wujud keseriusan Telkomsel melayani pelanggan secara prima.

“Khusus di Jawa Tengah dan DIY, pada tanggal 20 Juli 2022 mendatang, kami pastikan jaringan 3G sudah tidak beroperasi lagi di 34 kabupaten/kota di dua provinsi ini,” kata Kuntum, Jumat (15/7/2022).

Ia menambahkan, adapun ke-34 kabupaten dan kota tersebut meliputi Kota Semarang, Kota Yogyakarta, Kota Surakarta, Kota Magelang, Kota Pekalongan, Kota Tegal, Bantul, Kulonprogo, Rembang, Batang, Blora, Brebes, Kendal, Sragen, Tegal, Temanggung, Banjarnegara, Gunung Kidul, dan Purbalingga. Selanjutnya, ada Banyumas, Cilacap, Demak, Karanganyar, Klaten, Magelang, dan Purworejo. Juga meliputi Kabupaten Semarang, Sleman, Wonogiri, Pekalongan, Pati, Grobogan, Kudus, hingga Pemalang.

“Kami menghimbau dan mengajak semua pelanggan Telkomsel yang saat ini belum menggunakan kartu U-Sim/4G, agar segera melakukan penukaran kartu ke GraPARI atau outlet Telkomsel terdekat. Jangan khawatir, nomor tidak akan berubah dan semuanya gratis,” tegas Kuntum.

Sementara itu, General Manager Network Service Assurance Jawa Tengah and DIY Eko Prasetyo mengatakan, kelebihan yang significant dari jaringan 4G/LTE dibanding dengan 3G adalah kecepatan download dan kirim data yang lebih baik.

“Saat pelanggan menikmati jaringan internet untuk streaming video, bermain games, bersosial media, ataupun yang lainnya akan lebih lancar dan nyaman,” tegas Eko.

Menurut Eko, Telkomsel juga menyediakan permintaan ganti kartu 4G melalui situs telkomsel.com/untungjadi4g, aplikasi MyTelkomsel, Call Center 188, sosial media Telkomsel, serta memanfaatkan layanan GraPARI Online dengan mengakses tsel.me/graparionline. Selanjutnya, kartu 4G tersebut akan dikirimkan ke alamat pelanggan.

Seperti diketahui, selama 26 tahun berdiri, Telkomsel hadir melayani lebih dari 175 juta pelanggan yang tersebar hingga ke wilayah terdalam dan terluar Indonesia. Operator telekomunikasi ini mendapat dukungan lebih dari 247.000 based transceiver stations (BTS). (****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.