Dukung Presidensi G20, Telkomsel Pastikan Kesiapan dan Kemudahaan Akses Jaringan Broadband  

JAKARTA – Melanjutkan komitmen sebagai digital ecosystem enabler, Telkomsel memastikan kesiapan akses jaringan broadband berteknologi terdepan untuk mendukung kenyamanan konektivitas digital. Terutama bagi anggota delegasi yang mengikuti rangkaian kegiatan G20 (Group of 20) di berbagai wilayah Indonesia.

Indonesia pertama kali ditunjuk memegang presidensi G20 pada tahun 2022. Sejumlah 429 delegasi yang merupakan para petinggi negara akan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, November mendatang. Selain itu,rangkaian kegiatan G20 akan diikuti 21 ribu perwakilan delegasi lainnya.  Sejal awal tahun, Telkomsel memastikan kesiapan infrastruktur, termasuk kapasitas dan kualitas jaringan broadband guna terpenuhinya kenyamanan akses konektivitas digital seluruh delegasi selama mengikuti rangkaian kegiatan G20, dari Maret hingga November 2022.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam menjelaskan, presidensi Indonesia untuk pertama kalinya dalam kegiatan G20 merupakan tonggak sejarah bangsa, sekaligus menjadi momen menunjukkan komitmen kebangkitan bangsa Indonesia.

“Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia terpanggil untuk memastikan penyediaan akses broadband dalam mendukung kenyamanan konektivitas digital seluruh perwakilan delegasi yang akan hadir, guna membuka lebih banyak peluang kemajuan bersama seluruh negara yang tergabung dalam G20,” kata Hendri, baru-baru ini.

Untuk dukungan akses jaringan broadband, Telkomsel melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan lebih dari 35 ribu BTS broadband. Termasuk tambahan 190 BTS 5G dan mengoperasikan 11 Compact Mobile BTS (COMBAT) di sejumlah wilayah yang menggelar rangkaian kegiatan G20. Di antaranya, rangkaian kegiatan Digital Economy Working Group (DEWG) yang diselenggarakan di Jakarta, Yogyakarta, dan Labuan Bajo. Kemudian, rangkaian kegiatan Business 20 (B20) summit yang diselenggarakan di Jakarta dan Bali. Berikutnya, rangkaian kegiatan Youth 20 (Y20) summit yang diselenggarakan di Palembang, Lombok, Balikpapan, Manokwari, dan Bandung.

Masih ada tiga lagi, yakni kegiatan Energy Transitions Working Group (ETWG) dan Trade and Investment Working Group (TIWG) di Surakarta dan Labuan Bajo. Terakhir, Women 20 (W20) di Likupang, Malang, Manokwari, dan kawasan Danau Toba. Kemudian, puncak G20 pelaksanaan nya di gelar di Bali, November 2022.

“Telkomsel bersama sejumlah pelaku bisnis di sektor digital juga terlibat langsung mendukung rangkaian kegiatan DEWG G20 yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika di Labuan Bajo-Nusa Tenggara Barat (20-23 Juli 2022) dan Nusa Dua-Bali (29-30 Agustus 2022). Ini termasuk peran serta Telkomsel memfasilitasi penyediaan kapasitas dan kualitas jaringan akses broadband di kapal delegasi pada meeting 2nd Sherpa DEWG G20 Labuan Bajo. Sedangkan pelaksanaan DEWG G20 di Nusa Dua-Bali, Telkomsel akan menggelar showcase pemanfaatan teknologi jaringan 5G. Terutama dalam mendukung revolusi Industri 4.0 serta tiga isu prioritas DEWG G20 yang mencakup konektivitas digital dan pemulihan pasca pandemi COVID-19, literasi digital dan keterampilan digital, serta arus data lintas batas negara,” jelasnya.

Lebih lanjut, Hendri  menambahkan, selain dukungan untuk ketersediaan akses broadband yang andal di seluruh wilayah yang menggelar rangkaian kegiatan G20, Telkomsel juga menghadirkan kemudahaan akses produk dan layanan bagi seluruh perwakilan delegasi dari mancanegara melalui kartu perdana Telkomsel Prabayar Tourist yang menyediakan paket kuota internet 25GB, kuota telepon lokal 25 menit, serta kuota telepon International (IDD) 25 menit.

“Kartu perdana tersedia di sejumlah titik transit delegasi G20. Seperti bandar udara, tempat penginapan hingga lokasi acara. Kartu perdana Telkomsel Prabayar Tourist juga bisa dipesan secara pre-order dari negara asal perwakilan delegasi G20 melalui website Telkomsel dan diambil di GraPARI atau gerai penjualan Telkomsel tertentu begitu tiba di Indonesia,” katanya.

Bagi perwakilan delegasi G20 yang tetap menggunakan layanan dari negara asal, Telkomsel juga memastikan kesiapan layanan international roaming di Indonesia. Saat ini, Telkomsel bekerja sama dengan 382 perusahaan telekomunikasi seluler dari 180 negara di seluruh dunia, di mana 48 perusahaan telekomunikasi tersebut dari seluruh negara delegasi G20 yang bakal hadir di Indonesia.

“Kerja sama mencakup 4G Roaming Partnership dengan setidaknya satu perusahaan telekomunikasi seluler dari tiap negara, serta 5G Roaming Partnership dengan 12 perusahaan telekomunikasi seluler dari Amerika Serikat, Arab Saudi, Kanada, Korea Selatan, Perancis, Republik Rakyat Tiongkok, Rusia dan Turki,” jelasnya.

Berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI serta Kementerian Perdagangan RI, Telkomsel menyediakan layanan di sejumlah titik untuk asistensi terkait proses registrasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) perangkat pintar yang akan digunakan perwakilan delegasi selama mengikuti rangkaian kegiatan G20.

“Kami berharap dukungan Telkomsel semakin membuka lebih banyak peluang kolaborasi antarnegara yang tergabung dalam G20,” pungkas Hendri.(****)

One thought on “Dukung Presidensi G20, Telkomsel Pastikan Kesiapan dan Kemudahaan Akses Jaringan Broadband  

Leave a Reply

Your email address will not be published.