CIMB Niaga Dukung Program Sertifikasi Guru PAUD di Jawa dan Sumatera

CIMB Niaga Dukung Program Sertifikasi Guru PAUD di Jawa dan Sumatera

BANDUNG – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mendukung Program Sertifikasi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Pulau Jawa dan Sumatera. Dukungan ini melalui kerja sama Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru PAUD Indonesia dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan  International Women University (IWU).

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kerja sama CIMB Niaga dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) dan diluncurkan di Bandung.

Direktur Compliance, Corporate Affairs, and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei menyatakan, partisipasi CIMB Niaga dalam Program Sertifikasi Guru PAUD merupakan bagian dari implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang pendidikan.

“Kami menyadari, para tenaga pengajar memiliki peran signifikan dalam membentuk karakter generasi penerus sejak usia dini. CIMB Niaga mendukung program pelatihan dan sertifikasi yang diberikan untuk para guru PAUD,” kata Fransiska, beberapa waktu lalu (8/9/2022).

Program Sertifikasi Guru PAUD diikuti 350 guru dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten, Lampung, dan Palembang. Pelatihan dilakukan secara online dan offline, mulai September hingga November 2022. Materi yang diajarkan dalam pelatihan dan sertifikasi tersebut, meliputi microteaching, entrepreneurship, financial literacy, dan counselling.

Sebagai bentuk dukungan keberlanjutan pembelajaran yang diperoleh selama pelatihan, para peserta mendapatkan bantuan fasilitas penunjang pendidikan berupa tablet di akhir pelatihan. Tablet telah dibekali aplikasi sekolah ENUMA, aplikasi pembelajaran digital untuk membangun keterampilan dasar anak usia dini  yang bisa dipergunakan guru-guru PAUD bagi anak-anak didiknya.

Program belajar yang tersedia di ENUMA terdiri dari Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris yang dikemas melalui ribuan kegiatan belajar yang menyenangkan, ratusan buku, dan video edukatif.

Setelah lulus mengikuti pelatihan dan sertifikasi, peserta mendapatkan sertifikat berstandar nasional dari SEAMEO CECCEP (The Southeast Asian Ministers of Education Organization – Centre for Early Childhood Care Education and Parenting).

“Kami berharap, semakin banyaknya guru PAUD yang tersertifikasi, bisa memberikan impact positif untuk mendukung peningkatan pendidikan generasi bangsa berkualitas menuju Indonesia yang lebih maju dan berdaya,” tegas Fransiska.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.