Bareng-Bareng, Tanam 3.000 Mangrove di Perairan Bengawan Donan

CILACAP – PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Tengah dan DLH Kabupaten Cilacap, TNI Angkatan Laut, pelajar, relawan mangrove, dan masyarakat seputar Cilacap melakukan penanaman pohon mangrove di area sekitar perairan Bengawan Kalidonan, di Depok, Kelurahan Karangtalun, Kecamatan Cilacap Utara, Jumat (16/9/2022).

“Kegiatan penanaman mangrove bersama merupakan langkah nyata semua pihak, baik unsur masyarakat, swasta, dan instansi pemerintah untuk melestarikan lingkungan dan menciptakan ekosistem perairan Sungai Bengawan Kalidonan. Ekosistem perairan sangat penting untuk keseimbangan dan daya dukung lingkungan untuk tetap lestari,” kata Kepala DLH Kabupaten Cilacap Sri Murniyati ST MM.

Ditambahkan, kegiatan penanaman diikuti lebih dari 250 peserta dengan menanam jenis mangrove Rhizophora Mucronata yang cocok untuk habitat di sekitar perairan Sungai Bengawan Kalidonan. Mangrove tersebut memiliki karakteristik sebagai kawasan muara sungai dengan pertemuan air laut dan air tawar serta dekat dengan pantai yang terpengaruh pasang surut air laut.

Sementara itu, Community Relations Manager PT SBI Pabrik Cilacap (unit usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG) Dewi Hestyani mengatakan, untuk meningkatkan angka harapan hidup penanaman mangrove dilakukan dengan sistem clustering atau bergerombol, dengan menanam lima pohon mangrove dalam satu lubang tanam.

“Metode ini meningkatkan ketahanan agar mangrove tidak terhempas oleh gelombang pasang surut pantai selatan yang cukup deras. Sedangkan lubang tanam dibuat sedalam 40 sentimeter dengan jarak antar lubang sejauh 1,5 meter,” papar Dewi.

Sri Murniyati melanjutkan, penanaman mangrove memberikan banyak manfaat bagi lingkungan.Antara lain, menahan arus air laut yang bisa mengikis daratan pantai, penyerapan gas karbon dioksida dan penghasil oksigen, tempat hidup biota laut seperti ikan kecil untuk berlindung dan mencari makan serta fungsi fisiknya, yaitu menjaga garis pantai agar tetap stabil serta menjaga lingkungan demi kehidupan yang lebih baik.

“Untuk menjaga lingkungan demi kehidupan yang lebih baik, selain menanam pohon banyak hal lain yang bisa dilakukan seperti mengolah sampah rumah tangga untuk dijadikan bahan bakar alternatif,” imbuhnya.

Hal lain yang sudah dilakukan Solusi Bangun Indonesia (SBI) adalah memanfaatkan sampah kering sebagai bahan bakar pengganti batu bara. Upaya tersebut menghantarkan SBI memperoleh penghargaan 2nd Runner Up pada ASEAN Energy Award 2022 sebagai perusahaan besar yang menerapkan manajemen energi dalam proses kegiatan usahanya.

Metode tanam mangrove secara clustering pernah dilakukan. Hasilnya, hampir 90% mangrove bertahan dan tumbuh dengan normal, meski hempasan ombak pantai selatan cukup deras.

“Kami berharap dengan ketinggian pohon kurang lebih dari satu meter yang ditanam pada hari ini, membantu ketahanan mangrove untuk tetap tumbuh. Kami juga memberikan pelatihan cara menanam dan merawat mangrove kepada masyarakat yang akan terlibat oleh ahli mangrove, yang dilaksanakan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Depok Kelurahan Karangtalun sebelum pelaksanaan penananaman” kata Dewi.

Sedangkan Camat Cilacap Utara Sunarti SSTP MM mengatakan, penanaman mangvore tersebut merupakan langkah nyata atau upaya bersama mengembangkan area konservasi mangrove di pesisir Karangtalun serta potensi untuk menjadi ekowisata alam yang menarik bagi wilayah Cilacap tersebut.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.