Secara Bertahap, RUNS Bakal Lakukan Aksi Korporasi Pembelian Saham Kembali

JAKARTA – PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) bakal melakukan aksi korporasi dengan membeli kembali saham alias buyback. Rencananya, emiten sektor teknologi berkode RUNS ini akan merealisasikan aksinya secara bertahap dalam kurun waktu 3 bulan atau pada rentang waktu 6 Oktober 2022 hingga 5 Januari 2023.

Dalam keterbukaan informasinya, mengacu kepada POJK No. 2/POJK.04/2012 tentang Pembelian Kembali Saham Yang Dikeluarkan oleh Emiten atau Perusahaan Publik dalam Kondisi Pasar yang Berfluktuatif secara Signifikan dan Surat Edaran OJK No. 3/SEOJK.04/2020 tentang Kondisi Lain Sebagai Kondisi Pasar yang Berfluktuasi Secara Signifikan Dalam Pembelian Kembali Salan Yang Dikeluarkan oleh Emiten Atau Perusahaan Publik, jumlah saham yang akan dibeli kembali tidak akan melebihi 20% dari modal disetor, serta dengan ketentuan paling sedikit saham yang beredar adalah 7,5% dari modal disetor Perseroan.

“Biaya buyback akan menggunakan kas internal Perseroan,” kata Direktur Utama PT Global Sukses Solusi Tbk Sony Rachmadi Purnomo singkat, Kamis (6/10/2022).

Namun demikian, analisa keuangan pembelian kembali saham perseroan menunjukan tidak ada perubahan yang signifikan dari dilakukannya aksi korporasi tersebut. Ditambahkan Sony, Perseroan berkeyakinan, pelaksanaan buyback tidak akan memberikan dampak negatif yang material terhadap kegiatan usaha dan pertumbuhan Perseroan, karena Perseroan pada saat ini memiliki modal kerja dan cash flow yang cukup untuk melakukan dan membiayai seluruh kegiatan usaha, kegiatan pengembangan usaha, kegiatan operasional serta pembelian kembali saham.

Upaya pembelian kembali saham tersebut, diharapkan bisa menstabilkan harga saham Perseroan dalam kondisi pasar yang fluktuatif. Selain itu, juga memberikan keyakinan kepada investor atas nilai saham Perseroan secara fundamental.

“Buyback juga memberikan fleksibilitas bagi Perseroan dalam mengelola modal jangka panjang Perseroan di mana saham Treasury bisa dijual di masa yang akan datang dengan nilai optimal, jika Perseroan memerlukan penambaham modal,” tegas Sony.

Seperti diketahui, PT Global Sukses Solusi Tbk (PT GSS TBK) merupakan perusahaan teknologi yang menyediakan solusi perangkat lunak untuk perusahaan meliputi manufaktur, distribusi, jasa, hingga perdagangan.  Perusahaan ini  didirikan di Yogyakarta tahun 2014. Setahun kemudian, tahun 2015, PT GSS TBK atau lebih dikenal dengan brand RUN System, mulai memfokuskan produknya pada solusi ERP bagi perusahaan dan menjadi perusahaan penyedia solusi ERP terbaik hingga kini dan sudah memperoleh beberapa penghargaan dari program Indigo Incubator, EY Foundry Cohort 4, Start-Up Wheel Vietnam dan Top Digital Award 2021. (****)

One thought on “Secara Bertahap, RUNS Bakal Lakukan Aksi Korporasi Pembelian Saham Kembali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *