Inovasi Digital Bank Muamalat Diganjar Penghargaan Bergengsi

JAKARTA – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk terus melakukan inovasi digital. Berkat Langkah tersebut, Bank Muamalat mendapat penghargaan bergengsi pada ajang TEMPO Financial Award (TFA) 2022. Pionir bank syariah di tanah air ini meraih penghargaan sebagai The Best Bank in Digital Services.

Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank Muamalat Hery Syafril mengatakan, apresiasi ini merupakan bentuk pengakuan pihak eksternal terhadap Bank Muamalat yang senantiasa melakukan inovasi digital sebagai salah satu pilar bisnis perseroan.

“Kami menyadari, digitalisasi di dunia perbankan merupakan keniscayaan. Karena itu, kami mengedepankan inovasi yang unggul dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah. Terbukti, saat ini 90% transaksi yang dilakukan nasabah Bank Muamalat melalui kanal digital, di mana mayoritas dilakukan melalui aplikasi mobile banking Muamalat DIN. Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi pelecut semangat kami untuk terus berinovasi,” kata Hery, Kamis (15/12/2022).

TFA merupakan penghargaan yang digagas Tempo Media Group dalam mengapresiasi perusahaan finansial di Indonesia yang dinilai berkontribusi dan memajukan perekonomian Indonesia. Tempo berkolaborasi dengan Tempo Data Science, Indonesia Banking School, dan para dewan juri untuk memilih bank-bank BUMN, bank swasta, Bank Pembangunan Daerah (BPD) terbaik dalam beberapa kategori.

Selama masa pandemi sampai September 2022, Muamalat DIN telah memproses transaksi dengan nominal lebih dari Rp 46 triliun dari 33 juta transaksi. Lebih dari 70% berupa transaksi transfer elektronis. Sejak diluncurkan akhir 2019 lalu, sebagian besar nasabah lama dan hampir semua nasabah baru menjadi pengguna Muamalat DIN.

Aplikasi Muamalat DIN dilengkapi fitur keamanan terbaru. Seperti biometric login dan auto read One Time Password (OTP). Muamalat DIN juga bisa digunakan non-nasabah Bank Muamalat, karena terdapat fitur konten Islami seperti kalkulator zakat, jadwal salat, dan arah kiblat.

Selain itu, terdapat fitur pembayaran menggunakan QR Code yang terhubung dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia.

Pada kuartal III tahun 2022, Bank Muamalat mencatatkan Profit Before Tax (PBT) sebesar Rp 40 miliar, tumbuh 332 % year on year (yoy). Total aset perseroan tercatat tumbuh sebesar 15% (yoy) dari Rp 52,1 triliun menjadi Rp 59,7 triliun yang dibarengi rasio Non-Performing Financing (NPF) nett sebesar 0,65%.(****)

40 thoughts on “Inovasi Digital Bank Muamalat Diganjar Penghargaan Bergengsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *