Institut Pertanina Bogor Siap Berkolaborasi dengan Kampus Top 100 Dunia

BOGOR – Institut Pertanian Bogor (IPB) siap berkolaborasi dengan perguruan tinggi top 100 dunia melalui kerja sama konsorsium untuk mengembangkan penelitian-penelitian bidang agromaritim, pangan, energi, geomaterial, dan bidang kesehatan dari sumber daya lokal Indonesia.

Usai laporan pertanggungjawaban rektor periode 2017-2022 di Bogor, Rektor IPB University Prof Arif Satria mengatakan, lima tahun ke depan dalam kepemimpinannya akan membawa institut tersebut ke puncak kancah global.

“Pertama adalah kita untuk bidang pertanian rangking ke-41 dunia, rangking ke-6 di Asia, dan rangking satu di Asia Tenggara. Namun, untuk kampus hijau kita ke-35 dunia. Jadi, ini semua menunjukkan bahwa semua perguruan tinggi di Indonesia adalah perguruan tinggi yang berkemampuan untuk bisa bertarung pada level internasional, khususnya pada bidang pertanian,” papar Prof Arif, Senin (9/1/2023).

Prof Arif yang terpilih kembali menjabat sebagai Rektor IPB University periode 2023-2028 meneruskan, karena kemampuan pertanian Indonesia cukup tinggi, bidang-bidang inilah akan terus digeluti IPB dan memperkuat bidang agromaritim, pangan, energi, geomaterial, serta bidang kesehatan.

Menurut Prof Arif, bidang kesehatan penting karena 90 persen obat-obatan di dalam negeri masih impor. Padahal, negara Indonesia kaya akan sumber daya alam (SDA) hayati, sehingga menjadi tugas IPB mengekspor produk-produk lokal anak bangsa.

Ditambahkan Prof Arif, emang menuju puncak menjadi kampus terbaik itu soal kemampuan, tapi bertahan di puncak itu soal karakter.

“Saya mohon doanya semua yang ada di IPB ini karakternya semakin kuat, semakin belajar, terus berlatih, terus bekerja keras dan yang lebih penting lagi adalah tidak sekedar bertahan di puncak tetapi adalah menciptakan puncak-puncak baru,” katanya.

Rektor IPB ini meneruskan, upaya menciptakan puncak-puncak baru tersebut, artinya IPB tidak lagi bermain di level nasional, tetapi harus bermain pada level global.

“Alhamdulillah, capaian konsorsium ‘base’ internasional kita, selama lima tahun itu meningkat dari sembilan menjadi 50. Jadi, peningkatan hampir 500 persen,” kata dia.

Prof Arif menilai, capaian tersebut artinya Indonesia diwakili IPB sudah diterima secara global dan bermitra dengan perguruan tinggi top 100 dunia yang menghasilkan sesuatu dan berdampak baik untuk bangsa ini.(****)

9 thoughts on “Institut Pertanina Bogor Siap Berkolaborasi dengan Kampus Top 100 Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *