Mahasiswa Pascasarjana Unair Bikin Cat Beraroma untuk Bantu Penyandang Tunanetra Melukis

SURABAYA – Mahassiwa Magister Manajemen Universitas Airlangga (MM Unair)  meluncurkan metode melukis menggunakan cat beraroma bagi penyandang tunanetra. Acara peluncuran metode tersebut digelar pada acara Public Movement dengan tema This Is Ability Not Disability di Plaza Surabaya, Minggu (20/06/2021).

Para mahasiswa pascasarjana tersebut memodifikasi cat dengan diberi aroma, sehingga bisa dikenali para penyandang tunanetra.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak mengaku senang dengan terobosan metode baru tersebut. Menurut Emil Dardak, hal tersebut bisa menjadi opsi dari Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim selanjutnya.

“Hari ini adalah ruangnya dalam konteks artistik, bahwa seni juga bahwa ekspresi dari bakat. Jadi adik-adik ini bisa mengenal warna dari aroma dari indera perasa atau penciuman,” ungkap Emil.

Ditambahkan Emil, pendidikan khusus menjadi prioritas khusus, namanya vokasi istimewa. Masyarakat difabel sebenarnya juga punya ruang, keinginan, dan hak untuk berkarya.

Emil meneruskan, peran yang dilakukan Magister Manajemen Unair tersebut merupakan jendela baru bagi dunia Pendidikan dan diharapkan bisa ditindak lanjuti.

“Ada kepedulian dari mereka di Unair yang berstudi di MM, yang tetap peduli pada saudara-saudara kita. Ini adalah program yang baik dan harus bergulir, karena perlu peran serta masyarakat dalam membangun tatanan yang penuh kebaikan, sejalan dengan Nawa Bhakti Satya Bu Gubernur Khofifah dan saya, Jatim Berdaya,” tegasnya.

Septa Eka Pratiwi, salah satu panitia menjelaskan warna seperti jingga atau orange diberi aroma jeruk. Para penyandang tunanetra bisa menggunakan indra penciumannya untuk mendeteksi warna jingga. Selain itu, warna ungu dengan aroma anggur, kuning dengan aroma pisang, dan merah dengan aroma strawberry.

“Untuk mengekspresikan rasa tujuannya adalah semangat kesetaraan. Bagi yang disabilitas bisa bersaing. Jadi teknis acara berupa launching tentang metode ajar baru melukis menggunakan aroma untuk tunanetra. Nanti hasil lukisan akan dilelang, dan akan diakomodir. Uangnya sepenuhnya milik mereka,” jelasnya.(****)

402 thoughts on “Mahasiswa Pascasarjana Unair Bikin Cat Beraroma untuk Bantu Penyandang Tunanetra Melukis

  1. Hi would you mind sharing which blog platform you’re working with?
    I’m looking to start my own blog soon but I’m having a tough time
    deciding between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.
    The reason I ask is because your layout seems different then most blogs and I’m looking for something unique.
    P.S My apologies for being off-topic but I had to ask!

  2. Greetings from California! I’m bored at work so I decided to browse your site on my iphone
    during lunch break. I love the knowledge you present here and can’t wait to take a look when I get home.
    I’m surprised at how fast your blog loaded on my mobile ..
    I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyways, great blog!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *