Mahasiswa UNY Bawa Pulang Piala Pada Machine Nation 2022

YOGYAKARTA – Prestasi kembali ditunjukkan salah satu mahassiswanya. Kali ini, Mahasiswa Prodi Teknik Manufaktur Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Dana Brata Fitriawan Kusuma yang menyumbangkan prestasinya. Ia berhasil meraih juara lima dalam acara Machine Nation 2022 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMTM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Sidoarum, Sabtu (4/6/2022).

Seperti diketahui, kegiatan tersebut memperlombakan 7 kelas. Mulai dari daily rookies, classic modif, novice and baby mothai, custom FFA, scooter modif, herex style, restorasi 2 dan 4 tak, hingga novice street racing.

Ketua panitia kegiatan Lael Setya Pradana mengatakan, pameran tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan ulang tahun ke-8 Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) UMY.

“Kegiatan mesinvaganza terbagi dalam empat acara. Yakni, diskusi aktual, mural competition, machine nation autocontest, dan mesinesia,”  jelas Lael.

Ia melanjutkan, machine contest diikuti 65 peserta se-Jawa Tengah dan DIY. Ia juga berharap, ke depannya, acara serupa bisa digelar lagi lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, adanya kegiatan tersebut sekaligus menambah relasi dan keikutsertaan peserta diharapkan semakin banyak.

Sementara itu, Dana Brata mengungkapkan, dirinya mendisplay tiga kendaraan dalam pameran tersebut. Yakni, dua unit Astrea Prima dan satu unit Astra Grand.

“Pilihan atas motor-motor ini didasarkan karena simpel dan familier di kalangan masyarakat” ujar Dana.

Menurutnya, hampir sebagian besar warga Indonesia pernah memiliki. Bahkan, di antaranya mereka masih adanya yang masih memeliharanya. Padahal, lanjut Dana, motor yang dia sebut sudah diproduksi sejak tiga dasawarsa lalu.

Alumni SMKN 3 Yogyakarta ini mengatakan, rerata suku cadang yang diganti pada kendaraan-kendaraan tersebut adalah bagian kaki-kaki seperti standar tengah, standar samping, jeruji roda, footstep, hingga ban motor yang sudah termakan usia, sehingga tidak layak pakai. Bagianya, dengan mengikuti kegiatan tersebut, ia manfaatkan sebagai ajang promosi, sharing ilmu pengetahuan, dan menjaring konsumen potensial.

Koordinator Program Studi Teknik Manufaktur Fakultas Teknik UNY Dr. Eng. Didik Nurhadiyanto mengaku gembira atas prestasi salah satu mahasiswanya. Menurut Didik, Prodi Teknik Manufaktur UNY juga memberikan apresiasi dan dukungan agar siswa didiknya bisa meraih prestasi dengan bimbingan dari para dosen serta bantuan fasilitas bengkel dengan mengikuti prosedur.

“Kami fasilitasi bantuan untuk berkomunikasi dengan pimpinan yang lebih tinggi asal ada komunikasi dengan koordinator program studi,” ujar Didik.

Bahkan, janji Didik, bila mahasiswa tersebut akan berkompetisi di luar kota, akan mendapat kemudahan izin perkuliahan. Tentu saja, dengan dilandasi komunikasi lebih dahulu dengan dosen pengajar mata kuliah yang bersangkutan.(****)

4 thoughts on “Mahasiswa UNY Bawa Pulang Piala Pada Machine Nation 2022

  1. Have you ever thought about writing an ebook or guest authoring on other blogs?

    I have a blog based upon on the same information you discuss and would
    love to have you share some stories/information. I know my readers would appreciate your work.
    If you are even remotely interested, feel
    free to shoot me an e mail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *