Telkomsel Lanjutkan Upgrade  Layanan 3G ke 4G/LTE di 300 Kota/Kabupaten secara Bertahap

SEMARANG – Mengawali 2023, Telkomsel menegaskan komitmennya mendorong pemerataan dan kesetaraan akses konektivitas digital berteknologi terdepan bagi seluruh lapisan masyarakat. Perusahaan telekomunikasi ini kembali melanjutkan proses peningkatan/ pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 300 kota/kabupaten di Indonesia.

Upaya tersebut akan dimulai di bulan Februari 2023 ini. Targetnya, sebanyak 119 kota/kabupaten yang tersebar di Wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

Untuk wilayah di Jawa Tengah dan DIY yang akan segera dilakukan upgarde jaringan 3G ke 4G pada Februari ini adalah Kota Semarang, Kota Salatiga, Kota Surakarta, Kota Yogyakarta, Demak, Kudus, Pati, Semarang, Jepara, Groboan, Klaten, Wonogiri, dan Sukoharjo.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, Bulan Februari 2023 ini menjadi proses percepatan dalam upaya keberlanjutan Telkomsel melakukan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur di beberapa wilayah di Indonesia yang konsisten dilakukan sejak tahun lalu.

”Kami optimistis, proses upgrade layanan jaringan tersebut mampu meningkatkan ekonomi digital nasional, seiring semakin terbukanya peluang mengoptimalkan berbagai potensi kemajuan di berbagai wilayah dengan dukungan teknologi digital terkini,” kata Nugroho, Rabu (8/2/2023).

Ditambahkan Nugroho, melalui proses upgrade jaringan dari 3G ke 4G/LTE tersebut, Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan jumlah pelanggan pada 2022 (yoy) yang menggunakan uSIM 4G sebesar 7,3 persen. Ini diikuti pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 18,2 persen (yoy).

Sebagai upaya mempercepat peralihan dari 3G ke 4G/LTE, Telkomsel menghadirkan berbagai kemudahan dalam menukar atau mengganti kartu non-4G ke uSIM 4G melalui sejumlah kanal layanan pelanggan. Pelanggan bisa memanfaatkan mekanisme online dengan mengakses mitra e-commerce (Shopee, Tokopedia, Bukalapak), serta memanfaatkan layanan GraPARI Online melalui tsel.me/graparionline.

Pada mekanisme online, pelanggan bisa merasakan manfaat lebih, karena kartu uSIM 4G akan diantarkan langsung ke alamat tujuan pelanggan. Informasi terkait proses ganti kartu, pelanggan bisa mengakses berbagai kanal informasi layanan Telkomsel seperti melalui akun resmi media sosial Facebook, Twitter, dan layanan Virtual Assistant (VA) Telkomsel yang tersedia di sejumlah platform pesan instan terkemuka.

Sedangkan mekanisme offline, pelanggan cukup mengunjungi GraPARI atau layanan MyGraPARI terdekat. Selama proses migrasi ke uSIM 4G dan pada saat registrasi uSIM, Telkomsel akan memastikan validasi registrasi data pelanggan yang terdaftar pada kartu non-4G sebelumnya sudah sesuai identitas Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) yang tercantum pada KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK).

Pelanggan disarankan terlebih dahulu melakukan pengecekan kesesuaian identitas diri melalui akses USSD Menu Browser (UMB) *444# langsung dari ponsel pelanggan. Bila terdapat ketidaksesuaian, pelanggan diharapkan segera melakukan registrasi ulang dengan cara mengetik ULANG<spasi>NIK#Nomor KK# kirim SMS ke 4444.

Dengan melakukan migrasi uSIM 4G, pelanggan akan mendapatkan pengalaman terbaik mengakses internet dengan kecepatan yang stabil dan maksimal dengan jaringan 4G. Telkomsel juga menghadirkan promo bagi pelanggan yang melakukan migrasi/ penukaran uSIM 4G, dengan mendapatkan tambahan kuota hingga 30 GB selama 3 hari di jaringan 4G untuk kartu dengan masa aktif lebih dari 6 bulan dan pemakaian lebih dari Rp 100.000.

Khusus wilayah Jawa Tengah dan DIY, Telkomsel juga bekerja sama dengan 1.500 outlet priority yang tersebar di berbagai wilayah dalam memudahkan pelanggan melakukan upgrade kartu. Bahkan, pelanggan juga bisa mendapatkan minyak goreng atau mie instan secara gratis saat melakukan upgrade kartu di outlet tersebut selama program masih berlaku.

“Semoga upaya upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE ini berjalan lancar, sehingga mampu berkontribusi dalam mendorong pembangunan ekosistem digital di setiap daerah di Indonesia yang berdampak pada penguatan ekonomi digital nasional, serta bisa meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pelanggan dalam mengadopsi gaya hidup digital melalui pemanfaatan teknologi jaringan terdepan 4G/LTE,” kata Nugroho.

Informasi lebih lengkap mengenai mekanisme pelaksanaan program upgrade layanan 3G ke 4G/LTE Telkomsel, jadwal proses, dan daftar kota/kabupaten hingga ragam promo produk serta layanan terkait bisa diakses melalui tautan tsel.me/untungjadi4G. (****)  

13 thoughts on “Telkomsel Lanjutkan Upgrade  Layanan 3G ke 4G/LTE di 300 Kota/Kabupaten secara Bertahap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *