Taman Pintar Yogyakarta Adakan Kontes Roket Air 2023

YOGYAKARTA – Tahun lalu, Taman Pintar menyelenggarakan Kontes Roket Air di Taman Budaya Embung Giwangan. Tahun 2023, kembali Taman Pintar menyelenggarakan Kontes Roket Air di lokasi yang berbeda.

Puncak Kontes Roket Air Taman Pintar 2023 diselenggarakan di Lapangan SMA Negeri 3 Yogyakarta, Sabtu (30/9/2023). Kegiatan dibuka Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo SH MEd.

Rangkaian kegiatan tersebut sudah dimulai sejak Rabu (27/9/2023), mulai dari technical meeting hingga uji coba launcher.

“Untuk tahun ini, tema yang diangkat adalah ‘Partisipasi Aktif Pelajar Mendukung Kemajuan Teknologi Kedirgantaraan Indonesia.’ Kegiatan ini diikuti 215 peserta dari 54 SMP dan SMA sederajat di DIY, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta. Setiap sekolah bisa mengirimkan maksimal 10 orang (tim) dengan guru pendamping,” kata Lukman Yoga, Analis Rencana Program dan Kegiatan Taman Pintar Yogyakarta, Jumat (29/9/2023).

Menurut Lukman, jenis kontes yang diselenggarakan adalah mode tembak sasaran. Yakni, kelas pertandingan dengan bentuk sasaran tembak berupa lingkaran dengan sasaran tembak utama terletak di pusat lingkaran.

Kontes ini mengaplikasikan kemampuan roket air yang aerodinamika untuk menembakkan roket menuju lingkaran sasaran dengan bantuan launcher.

Sistem pertandingan roket air mode ini bertujuan mendapatkan roket air yang meluncur dengan stabilitas yang baik dan tepat pada sasaran yang berjarak 60 meter dari titik peluncuran.

Penentuan pemenang berdasarkan jarak terkecil dari titik jatuh roket ke pusat sasaran dari kesempatan dua kali peluncuran. Pemenang pertama hingga ke-10 akan memperoleh hadiah menarik dari Taman Pintar Yogyakarta.

Selain pemenang, ungkap Lukman, 20 peserta terbaik akan mewakili Taman Pintar Yogyakarta mengikuti Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) 2023 pada 11 November 2023.

Kontes ini rutin diselenggarakan setiap tahun untuk memperkenalkan teknologi kedirgantaraan sejak dini dan meningkatkan minat siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi melalui praktek sains yang menyenangkan.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *