Lion Club Di Jakarta Periksa Mata Anak SDN 03 Kelapa Gading Timur

JAKARTA – Lions Club Jakarta (LCJ) Kelapa Gading Jaya mengadakan kegiatan bakti sosial. Tema yang diangkat adalah ‘Mataku Jendelaku”. Yakni, pemeriksaan mata dan pemberian kaca mata gratis pada para siswa di SDN 03 Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, beberapa waktu yang lalu (30/09/2021).

Dalam kegiatan tersebut, LCJ Kelapa Gading Jaya tidak sendirian. Namun melibatkan klub-klub lain yang tergabung dalam Daerah 4B Distrik 307A1 LC Indonesia. Yakni LC Elysium, LC Centennial Trainers, LC Gading Cemara, dan LC Infinity Coaches.

Ketua Daerah 4B Lions Club Distrik 307 A1 Indra Hadiwidjaja mengatakan, penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) saat PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) pada masa pandemi ternyata bisa meningkatkan resiko komplikasi pada mata anak. Karena, anak diwajibkan menggunakan gawai dan hal ternyata gawai memiliki andil besar meningkatkan potensi anak terserang miopia.

Di satu sisi, lanjut Indra, seringkali kondisi ekonomi keluarga yang tertekan semasa pandemi menyebabkan pemeriksaan mata anak tidak menjadi prioritas utama dalam keluarga.

“Hal tersebut mendasari Lions Club rutin mengadakan bakti sosial berupa pemeriksaan mata secara gratis dan menggalang bantuan penyediaan frame dan lensa mata di beberapa sekolah dalam periode bulan September hingga Desember mendatang,” ungkap Indra, Rabu (06/10/2021).

Ia meneruskan, banyak anak di Indonesia yang mengalami miopia atau mata minus. Sayangnya, mereka tidak menyadari dan tak memiliki akses pada tindakan dan penanganan.

“Penyebabnya, ketidaksadaran orang tua ataupun guru terhadap gejala-gejala awal miopia yang terkesan remeh. Seperti sering memicingkan mata saat melihat, kesulitan memandang papan tulis di sekolah saat duduk di belakang kelas, sering mendekatkan mata ke layar TV atau gawai, dan sering mengucek mata,” jelasa Indra.

Kepala Sekolah SDN 03 Kelapa Gading Timur, Narwita menyambut baik bakti sosial pemeriksaan mata di sekolah yang dipimpinnya.

“Sangat membantu anak-anak yang memang memiliki kebutuhan untuk menggunakan kaca mata, namun tidak memiliki akses untuk pemeriksaan atau memilikinya. Kedatangan Lions Club ke sekolah kami untuk melakukan pemeriksaan mata secara profesional sekaligus memberikan kaca mata pada mereka sangat bermanfaat,” ungkap Narwita.

Sementara itu, Ketua Kegiatan Bakti Sosial Lily Linus mengatakan, kegiatan sosial ‘Mataku Jendelaku’  bertujuan mendeteksi secara dini gejala miopia pada 300 siswa SDN 03 Kelapa Gading Timur, sekaligus memberikan tindakan yang cepat dan tepat pada mereka agar tidak terjadi komplikasi lanjutan. Bagaimanapun , mata adalah jendela dunia. 

“Jangan sampai anak-anak ini mengalami masalah serius pada mata mereka ketika dewasa nanti, karena terlambat terdeteksi ketika masih kecil. Dalam kegiatan ini kami melakukan pengumpulan dana dan juga bekerja sama dengan Yayasan Lions Indonesia serta perusahaan lensa Essilor yang membantu menyediakan lensa dan frame kaca mata,” papar Lily yang juga Presiden LC Kelapa Gading Jaya ini.(****)

One thought on “Lion Club Di Jakarta Periksa Mata Anak SDN 03 Kelapa Gading Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *